Serba-serbi Janji Anies-Cak Imin untuk Gen Z dan Milenial Jika Menang Pilpres 2024

27 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Sumber; Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menawarkan sejumlah janji kepada anak muda generasi Z dan milenial jika terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Hal itu termuat dalam dokumen Visi, Misi & Program Kerja Indonesia Adil Makmur untuk Semua yang dirilis oleh pasangan AMIN.

Dalam agenda ke-19 yang merupakan bagian dari agenda khusus bertajuk 28 Simpul Kesejahteraan, pasangan dari Koalisi Perubahan itu menyampaikan manfaat yang akan diterima oleh gen z dan milenial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Peluang karier

Salah satu janji yang digarisbawahi yaitu terkait ketersediaan lapangan pekerjaan bagi gen z dan milenial yang saat ini merupakan bagian dari angkatan kerja. 

"Menghadirkan lebih dari 15 juta lapangan pekerjaan baru, termasuk pekerjaan hijau/green jobs," demikian bunyi agenda dalam dokumen tersebut. 

Selain menghadirkan lapangan kerja, pasangan yang diusung oleh NasDem, PKB, dan PKS itu juga berjanji akan meningkatkan kemampuan wirausaha anak muda melalui serangkaian pelatihan, pendampingan, dan dukungan permodalan. 

Anies-Cak Imin juga menjanjikan peluang magang seluas-luasnya di berbagai instansi pemerintah maupun swasta bagi anak muda dari generasi z dan millennial. 

"Terbukanya peluang magang seluas-luasnya di instansi pemerintah, BUMN dan swasta hingga ke luar negeri bagi Gen Z dan millennial," tulis dokumen tersebut.

Layanan pendidikan

Dari segi pendidikan, paslon AMIN memastikan ketersediaan berbagai beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda. Tak hanya di dalam negeri, beasiswa juga akan diberikan untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. 

Selain beasiswa, berbagai layanan pendidikan juga akan semakin dipermudah aksesnya demi menghasilkan "generasi emas, bukan generasi cemas". 

Kesehatan mental

Pasangan Anies-Cak Imin juga peduli terhadap isu kesehatan mental yang kerap menjadi momok bagi generasi muda di Indonesia.

Selain layanan kesehatan fisik, AMIN berjanji akan menghadirkan layanan kesehatan mental yang terjangkau dan mudah diakses oleh siapa saja. 

Janji untuk mengakomodasi layanan kesehatan mental rakyat juga tertuang pada misi kelima mereka yaitu "mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya". 

Kelompok dukungan sebaya atau peer support group akan diaktivasi seiring dengan penguatan peran konselor di sekolah maupun perguruan tinggi.

Dukungan bagi sandwich generation

Terakhir, pasangan Anies-Cak Imin menjanjikan dukungan penuh pemerintah bagi anak muda yang menjadi korban sandwich generation

Dukungan diberikan melalui penciptaan lapangan kerja dan jaminan hari tua bagi orang tua serta bantuan bagi pelajar.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR