Sinopsis Autobiography, Hilangnya Kepercayaan Kaki Tangan Calon Bupati

17 Jan 2023 18:01 WIB

thumbnail-article

Poster film Autobiography. Sumber: Antara.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Autobiography adalah salah satu film yang dikabarkan siap untuk menyapa masyarakat melalui layar bioskop dalam waktu dekat. Dibintangi oleh Kevin Ardilova yang akan memerankan tokoh Rakib dan Arswendy Bening Swara sebagai Purnawinata, Autobiography disutradarai oleh Makbul Mubarak yang juga menulis naskah film ini.

Sinopsis Autobiography

Autobiography akan bercerita mengenai Rakib, seorang kaki tangan Purnawinata, yang berstatus sebagai purnawirawan. Namun, suatu hari Rakib kehilangan kepercayaan terhadap Purna karena suatu insiden mengerikan. 

Kisah tersebut bermula dari Rakib yang dipercaya untuk mengurus rumah milik Purna, selama Purna pergi bekerja di luar kota. Karena Purna sudah menjadi seorang purnawirawan, Ia memutuskan untuk kembali menempati rumah tersebut.

Usut punya usut, ternyata kembalinya Purna karena ia ingin mencalonkan diri sebagai seorang bupati di daerah tersebut. Karena Rakib menjadi orang yang paling dipercaya oleh Purna, maka Rakib ditugaskan untuk membantu Purna dalam proses pencalonan diri, seperti kampanye, memasang spanduk, hingga mencari orang yang berpotensi untuk menyumbangkan suaranya pada Purna.

Lambat laun, pandangan Rakib terhadap Purna berubah, yang awalnya hanya sekadar majikan dan kaki tangan, kini Rakib mulai memandang dan menganggap Purna layaknya ayah kandungnya. Hal tersebut terjadi karena Rakib memang memiliki masa lalu yang cukup  buruk dengan ayah kandungnya. Oleh karena itu, ketika Ia diperlakukan dengan baik oleh seorang lelaki yang memiliki usia cukup matang, tentu Rakib senang, dan menyambutnya dengan bahagia.

Sayangnya suatu hari spanduk kampanye milik Purna dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mengetahui hal tersebut, Purna dengan segala koneksi dan pengaruh yang ia miliki melakukan tindakan tak terduga, berupa kekerasan yang tidak berkesudahan.  

Parahnya, Rakib yang selalu mengikuti kemana perginya Purna tentu mengetahui hal buruk tersebut. Karena kejadian itulah cara pandang Rakib terhadap Purna mulai berubah, termasuk pudarnya rasa kepercayaan Rakib terhadap Purna dan anggapan Purna sebagai ayah. Di sinilah kisah Rakib dan Purna yang sebenarnya dimulai.

Menjelajahi berbagai festival internasional

Autobiography, dijadwalkan akan tayang melalui layar bioskop mulai tanggal 19 Januari 2023. Sebelum tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia, Autobiography diketahui telah lebih dulu tayang pada berbagai festival film bergengsi, seperti Venice Film Festival 2022, Toronto International Film Festival 2022, Busan International Film Festival 2022, hingga Adelaide Film Festival 2022.

Pada pagelaran Festival Film Indonesia 2022 lalu, film ini menjadi nominasi di banyak kategori termasuk kategori Film Terbaik. Sebelumnya, pada Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2022, Autobiography bahkan keluar sebagai pemenang film terbaik.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER