Sinopsis Everything Everywhere All at Once, Film yang Memenangi Tujuh Kategori Piala Oscar 2023

23 Maret 2023 21:03 WIB

Narasi TV

Michelle Yeoh dalam salah satu adegan film Everything Everywhere All at Once. (Sumber: A24 Film)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Everything Everywhere All at Once berhasil mendominasi penganugerahan Piala Oscar tahun 2023 dengan menyabet tujuh Piala Oscar, termasuk meraih Best Pictures atau Film Terbaik. 

Hal tersebut juga menjadikan malam penganugerahan Oscar ke-95 sebagai malam representasi Asia dan masyarakat keturunan Asia-Amerika karena malam tersebut merupakan kali Piala Oscar dimenangkan oleh lebih dari satu aktor dari Asia atau memiliki keturunan Asia.

Film fantasi multiverse yang bercerita tentang sebuah keluarga dalam petualangan antar dimensi ini juga berhasil meraih penghargaan sutradara terbaik, aktris terbaik, pemeran pendukung pria terbaik, pemeran pendukung wanita terbaik, editing terbaik, dan yang terakhir adalah penghargaan Best Original Screenplay.

Michelle Yeoh menjadi orang Asia pertama, sekaligus aktris dari kalangan 'woman of colour' kedua yang menang penghargaan aktris terbaik Oscar. Kali terakhir penghargaan ini dimenangkan oleh kalangan yang tidak berkulit putih adalah saat Halle Berry memenangkannya tahun 2002.

Ke Huy Quan yang berhasil mendapat Piala Oscar kategori aktor pendukung pria terbaik menjadikan dirinya sebagai aktor Vietnam pertama yang memenangkan Piala Oscar. Ia mengalahkan Barry Keoghan (Banshees of Inisherin) dan Judd Hirsch (The Fabelsman). 

Sedangkan aktor pendukung wanita terbaik dimenangkan oleh Jamie Lee Curtis mengalahkan Angela Basset (Banshees of Inisherin) dan Kerry Cordon (Black Panther: Wakanda Forever). 

Everything Everywhere All at Once sendiri mendapat rating 7.9/10 di laman IMDb. Sementara di laman Rotten Tomatoes film ini mendapat nilai tomatometer mencapai 94 persen, sedangkan di audience score film ini mendapat nilai 89 persen.

Sinopsis Everything Everywhere All at Once (2022)

Everything Everywhere All at Once yang rilis pada Maret 2022 ini mengangkat genre yang tidak biasa yaitu mampu menghadirkan drama komedi, aksi, dan fiksi dengan sangat baik.

Film ini berkisah tentang imigran asal China yang tinggal di Amerika Serikat bernama Evelyn Quang (Michelle Yeoh). Ia harus menghadapi banyak masalah mulai dari gugatan cerai suaminya Waymond Wang (Ke Huy Quan) disaat ayahnya sedang mengunjunginya. 

Evelyn juga harus menghadapi kenyataan bahwa putrinya Joey (Stephanie Hsu) ternyata seorang penyuka sesama jenis. Di sisi lain, Evelyn dan Waymond yang menjalankan bisnis laundry harus terlihat sukses di depan ayah Evelyn yang sedang mengunjunginya.

Kehidupan Evelyn berubah ketika Waymond dari universe lain yang disebut Alpha Waymond menghampirinya. 

Dari situ ia kemudian diberitahu tentang adanya multiverse dan ia meminta bantuan Evelyn untuk mengalahkan Jobu Topaki yang mengancam keselamatan multiverse

Evelyn kemudian menjelajah multiverse untuk menemui dirinya di universe lain hingga ia terdampar di sebuah universe dimana ia memiliki kekuatan super. 

Evelyn dibantu oleh para variannya kemudian mencoba menyelamatkan multiverse dari ancaman Jobu Topaki.

Akan tetapi, perjalanan mengunjungi semesta lain ternyata membuatnya belajar sesuatu, yaitu bagaimana ia harus menyikapi kehidupan yang selama ini ia abaikan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR