Sinopsis Film Budi Pekerti, Film yang Masuk Dalam 17 Nominasi Piala Citra 2023

24 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Poster film "Budi Pekerti." Sumber: Rekata Studio.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Budi Pekerti adalah film yang dijadwalkan akan rilis di bioskop pada 2 November 2023. Sebelum tayang di bioskop, film ini sudah mendapatkan 17 nominasi Piala Citra 2023 dan tayang pertama kali di Toronto Film Festival. Selain itu, Budi Pekerti juga masuk official selection SXSW Sydney 2023 Screen Festival.

Budi Pekerti disutradarai oleh Wregas Bhanuteja. Sebelumnya, ia pernah menyutradarai film Penyalin Cahaya. Film Budi Pekerti akan menjadi film pembuka dalam acara Jakarta Film Week 2023 yang digelar secara online dan offline.

Budi Pekerti dibintangi deretan aktor dan aktris ternama tanah air seperti Angga Yunanda, Sha Ine Febriyanti, Prilly Latuconsina, serta Dwi Sasono. 

Angkat isu cyberbullying

Setelah menuai kesuksesan melalui film Penyalin Cahaya (2021) yang mengangkat tentang isu kekerasan seksual, Wregas Bhanuteja kini mengangkat isu yang cukup faktual yaitu isu cyberbullying atau perundungan yang menggunakan teknologi digital.

Menurut Wregas, kisah cyberbullying semakin banyak terjadi di sekitar kita. Tak jarang video tentang aksi bullying tersebut viral di media sosial. 

"Di film ini kita mencoba merefleksikan apakah selama ini penyikapan terhadap keviralan itu adalah harus dikaji ulang dan didiskusikan ulang agar bisa membuat kehidupan yang lebih baik," ungkap Wregas Bhanuteja.

Film Budi Pekerti sendiri berkisah tentang viralnya video seorang guru Bimbingan Konseling bernama Bu Prani yang berselisih paham dengan pengunjung pasar. Akibat tindakannya yang dinilai tidak mencerminkan kepribadian seorang guru, netizen terus mencari kesalahan Bu Prani. 

Tak hanya Bu Prani, keluarganya juga merasakan dampak atas viralnya video Bu Prani tersebut. Mereka terus dihakimi dan dikecam sehingga hidupnya mulai tidak nyaman. Bahkan Bu Prani terancam kehilangan pekerjaanya sebagai guru BK setelah sekolah tempatnya bekerja mengancam mengeluarkan Bu Prani akibat kejadian tersebut.

17 Nominasi Piala Citra

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Budi Pekerti berhasil masuk dalam 17 nominasi Festival Film Indonesia (FFI). Jumlah ini menempatkan Budi Pekerti menjadi film dengan jumlah nominasi terbanyak mengungguli Like & Share dan The Big 4 yang berada di peringkat kedua dengan 11 nominasi.

Nominasi tersebut antara lain Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, hingga penata musik terbaik serta lagu tema terbaik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR