Sinopsis Like Father, Like Son, Dilema Seorang Ayah yang Anaknya Tertukar

30 Agustus 2023 10:08 WIB

Narasi TV

Dua keluarga dalam film "Like Father Like Son." Sumber: cinejour.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Sutradara Hirokazu Kore-eda dikenal akan film-filmnya yang mengangkat tema kehidupan keluarga yang sentimental dan melankolis. 

Salah satu film karya Kore-eda yang tidak boleh dilewatkan adalah Like Father, Like Son. Film yang rilis pada tahun 2013 ini berhasil meraih penghargaan Jury Prize pada Festival Film Cannes 2013. 

Sebagaimana film-film Kore-eda yang lain, sebut saja Nobody Knows (2004) dan Shoplifters (2018), Like Father, Like Son juga menggarisbawahi ragam emosi dan perasaan dilematis yang muncul dalam hubungan keluarga. 

Film berjudul asli Soshite Chichi ni Naru ini berkisah tentang dua orang anak yang tertukar sejak lahir. 

Meski premisnya sederhana dan cenderung klise, Like Father, Like Son berhasil menghadirkan perasaan getir melalui konflik sosial yang realistis dan konflik batin yang menyentuh. 

Seperti apa sinopsis selengkapnya dari film Like Father, Like Son?

Balada anak yang tertukar

Like Father, Like Son bercerita tentang sebuah keluarga kecil yang terdiri dari sang ayah, Ryota (Masaharu Fukuyama), sang ibu, Midori (Machiko Ono), dan anak tunggal mereka, Keita (Keita Ninomiya). 

Mereka adalah keluarga mapan yang tidak menjumpai kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan. 

Ryota, seorang arsitek yang disiplin dan ambisius, mendidik Keita dengan cukup tegas. Ryota menaruh harapan pada Keita untuk melanjutkan kesuksesannya di masa depan. 

Suatu hari, Ryota dan Midori menerima kabar mengejutkan dari rumah sakit tempat Midori dulu melahirkan. 

Rupanya, anak yang selama ini mereka asuh dan rawat bukanlah anak kandung mereka. Menurut keterangan pihak rumah sakit, anak mereka tertukar dengan bayi milik pasangan Yudai (Riri Furanki) dan Yukari (Yoko Maki). 

Perbedaan nasib

Yudai dan Yukari merupakan pasangan pemilik toko elektronik yang mempunyai tiga anak, salah satunya Ryusei (Shogen Hwang) yang sebenarnya adalah anak kandung dari Ryota dan Midori.

Berbeda dengan keluarga Ryota yang bisa dibilang berkecukupan dan penuh dengan kenyamanan, keluarga Yudai hidup dalam kesederhanaan. 

Meski dibesarkan dalam kondisi ekonomi yang berbeda, baik Keita maupun Ryusei sama-sama menemukan kebahagiaan dalam keluarganya masing-masing. 

Dilema seorang ayah

Kabar tertukarnya putra mereka membuat Ryota sebagai seorang ayah dilanda perasaan dilema yang begitu hebat. 

Sebelum sempat berpikir panjang, Ryota sempat menawarkan sejumlah uang kepada keluarga Yudai agar dirinya bisa membawa pulang Ryusei. 

Pada puncak adegan penutup, Ryota dan Keita saling berbagi perasaan terkait permasalahan yang rumit sekaligus mengharukan itu. 

Kore-eda sengaja menyudahi film Like Father, Like Son dengan akhir terbuka dan membiarkan penonton berimajinasi tentang versinya sendiri. 

Like Father, Like Son dapat ditonton secara legal di Apple TV.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR