Sinopsis Menjelang Ajal: Film Teror Jin Penglaris Garapan Hadrah Daeng Ratu

22 April 2024 19:04 WIB

Narasi TV

Poster film "Menjelang Ajal" (2024). (Sumber: Instagram/rapifilm)

Penulis: Elok Nuri

Editor: RIzal Amril

Film bergenre horor, masih menjadi primadona bagi penonton Indonesia. Setelah film Badarawuhi (2024) dan Siksa Kubur (2024), kini muncul film horor terbaru berjudul Menjelang Ajal yang akan tayang di bioskop pada 30 April 2024.

Film garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu dan diproduksi oleh Rapi Films ini bercerita tentang seorang ibu yang berjuang menghidupi keluarganya meskipun dengan cara yang membahayakan anak-anaknya. 

Menurut Sunil G. Samtani selaku produser film ini, Menjelang Ajal akan menjadi film horor yang berbeda dengan film horor produksi Rapi Films lainnya.

Menjelang Ajal akan menampilkan film horor yang lain dari karya-karya Rapi Films sebelumnya," kata produser Sunil G. Samtani, Rabu (3/42024), dikutip Antara.

Film ini menandai kerja sama kedua sutradara Hadrah Daeng Ratu dengan rumah produksi Rapi Films, setelah sebelumnya mengeluarkan Sijjin (2023).

Skenario film digarap oleh Deni Saputra dan dibintangi oleh sejumlah aktor kenamaan seperti Shareefa Daanish, Caitlin Halderman, Daffa Wardhana, Shakeel Fauzi Aisy, Ruth Marini, dan Michael Olindo.

Dalam menggarap film ini Rapi Films bekerja sama dengan Sky Media, Legacy Pictures, dan Rhaya Flicks.

Sinopsis Menjelang Ajal

Menjelang Ajal mengisahkan kehidupan Sekar (Shareefa Daanish), seorang ibu tiga anak yang harus mencari nafkah dengan menjajakan makanan di rumahnya yang sederhana.

Rumah makan tempat Sekar menjajakan makanan itu adalah satu-satunya cara ia menafkahi ketiga anaknya, namun bisnisnya tengah sepi pembeli.

Terjerat kebutuhan, Sekar kemudian mendatangi Mak Ambar (Dewo Pakis). Ia hendak melakukan ritual pesugihan, bekerja sama dengan jin demi memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ritual pun dilakukan dan keuntungannya dari menjual makanan melejit, berlipat ganda dari hari-hari biasanya.

Semuanya terasa menyenangkan hingga suatu saat makanan yang Sekar sajikan menjadi cepat sekali basi, berbau busuk, dan tak layak dikonsumsi. Masalah itu terus terjadi tanpa sebab, keuntungan menurun drastis, dan Sekar yakin ada sesuatu yang aneh dari peristiwa ini.

Ia pun datang ke Mak Ambar, dukun yang pernah didatanginya demi mendapat penglaris.

Akan tetapi, teror bermula dari sini. Mak Ambar ternyata telah mati. Cenayang yang menjaga jin penglaris jualan Sekar ternyata tak ada lagi.

Jin yang selama ini menjadi penglaris jualan Sekar ternyata berulah setelah Mak Ambar tiada. Menuntut bayaran atas “bantuan” mendongkrak keuntungan rumah makan Sekar.

Sejak saat itu jin yang selama ini menolong Sekar, kini menuntut nyawa ibu tiga anak tersebut. Sekar kemudian kerasukan tiap malam.

Ketiga anak sekar yaitu Dani (Daffa Wardhana), Ratna (Caitlin Halderman), dan Dodi (Shakeel Fauzi Aisy) mulai kewalahan dengan tingkah laku sang ibu yang mulai berubah, bahkan tidak jarang Sekar kerap kali melukai dirinya sendiri.

Jin penglaris ingin menyiksa hidup Sekar yang sudah tinggal sebentar, menghujaninya dengan teror mengerikan yang menguras emosi dan tenaga.

Namun, tiga anak Sekar bukan tanpa perlawanan. Mereka bersatu mengusir jin yang mengganggu ibu mereka.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR