Sinopsis Gadis Kretek, Cerita Mimpi dan Kisah Cinta Perempuan Pembuat Kretek

7 November 2023 11:11 WIB

Narasi TV

Dian Sastrowardoyo (Dasiyah) dalam salah satu adegan di serial "Gadis Kretek." Sumber: Netflix.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Gadis Kretek adalah serial Netflix yang kini tengah hangat ditonton masyarakat. Selain karena ceritanya yang sarat nilai, serial ini juga diisi oleh pemeran papan atas. Lantas, bagaimana sinopsis Gadis Kretek?

Serial ini pertama kali tayang di Netflix pada Kamis (2/11/2023). Gadis Kretek juga menjadi serial original Netflix pertama di Indonesia. Tak heran jika serial ini berkesempatan tayang perdana di Busan International Film Festival (BIFF) 2023.

Gadis Kretek diadaptasi dari novel bertajuk yang sama karya Ratih Kumala. Kamila Andini dan Ifa Isfansyah sebagai sutradara mengemas novel tersebut dengan sangat apik sehingga menghasilkan serial Netflix yang menarik untuk ditonton.

Tak tanggung-tanggung, para aktor dan aktris yang berperan di dalamnya pun memiliki banyak prestasi. Mulai dari Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, Arya Saloka, Ibnu Jamil, Tissa Biani, Sheila Dara, Sha Ine Febriyanti, dan masih banyak lagi.

Sinopsis Gadis Kretek

Alur cerita Gadis Kretek mengikuti kisah Raja (Ario Bayu), pemilik pabrik kretek Djagad Raja yang tengah sekarat. Di sisa umurnya, Raja ingin bertemu dengan Dasiyah atau Jeng Yah (Dian Sastrowardoyo) yang pernah menjadi cintanya di masa lalu.

Raja meminta anak bungsunya, Lebas (Arya Saloka) untuk mencari keberadaan Jeng Yah. Pencarian inilah yang membangun cerita Gadis Kretek. Lebas berusaha mewujudkan keinginan terakhir ayahnya menemukan keberadaan Jeng Yah.

Di tengah pencarian, Lebas bertemu dengan donatur koleksi museum kretek sekaligus anak dari Rukayah (Tissa Biani/Nungki Kusumastuti) bernama Arum (Putri Marino). Rukayah sendiri adalah adik Jeng Yah. Lebas dan Arum bekerja sama mencari tahu masa lalu keluarga yang selama ini tak diceritakan.

Jeng Yah adalah anak perempuan pemilik pabrik rokok Merdeka. Mimpinya untuk membuat saus campuran kretek sangatlah kuat. Namun, ia harus berhadapan dengan budaya patriarki di mana perempuan tak diperbolehkan memasuki ruang saus. Adanya perempuan di sana dipercaya membuat rasa saus menjadi asam.

Segala halangan tak lantas membuat Jeng Yah menyerah. Ia berhasil mematahkan stereotip tersebut dengan saus buatannya. Dari situ, merk rokok kretek baru bernama Gadis pun tercipta.

Mimpi memiliki rokok dengan saus buatannya tak lantas membuat Jeng Yah hidup bahagia. Ia harus menerima kenyataan bahwa bisnis kretek keluarganya hancur lebur menyusul tragedi 65. Selain itu, Raja kekasihnya lantas mencuri resep kretek Jeng Yah dan menikahi Purwanti (Sheila Dara), anak dari rival usaha kretek keluarganya. 

Apakah Lebas dan Arum bisa merangkai kisah cinta Raja dan Jeng Yah hingga menemukan titik terang? Tonton cerita selengkapnya pada serial Netflix Gadis Kretek!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR