Sinopsis Oppenheimer: Keterlibatan Ahli Fisika di Proyek Manhattan

20 Juli 2023 18:07 WIB

Narasi TV

Cillian Murphy dalam film "Oppenheimer" (2023). (Sumber: Instagram/universal studio)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sinopsis Oppenheimer mengisahkan tentang kehidupan seseorang fisikawan terkenal dan penggagas bom atom.

Film produksi Universal Pictures ini cukup dinantikan jadwalnya lantaran akan berfokus pada perjalanan hidup, pencapaian, dan juga tantangan yang akan dihadapi oleh Julius Robert Oppenheimer.

Selain itu keterlibatan Christopher Nolan sebagai sutradara membuat film ini layak ditunggu dan ditonton, pasalnya Nolan telah berhasil menggarap film-film dengan kualitas kelas wahid.

Tak jarang film yang digarapnya mendapat banyak pujian dari kritikus film dan juga penonton, selain itu film Nola juga sering masuk nominasi penghargaan film bergengsi dunia seperti Academy Awards, Golden Globe Awards, dan BAFTA Awards.

Beberapa film lain garapan Nolan ada Memento (2000), Insomnia (2002), Batman Begins (2005), The Prestige (2006), The Dark Knight (2008), Inception (2010), The Dark Knight Rises (2012), Interstellar (2014), Dunkirk (2017), dan Tenet (2020).

Selain itu keterlibatan aktor kondang Hollywood membuat film Oppenheimer tidak sabar ditonton, mereka ada Cillian Murphy, Emily Blunt, Robert Downey Jr, dan Florence Pugh. 

Film biopik yang berlatar Perang Dunia II ini diadaptasi dari buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J Robert Oppenheimer (2005) oleh Kai Bird dan mendiang Martin J Sherwin sebagai pemenang hadiah Pulitzer Prize

Pulitzer Prize sendiri adalah sebuah penghargaan tertinggi jurnalisme dan sastra di Amerika Serikat.

Sinopsis Oppenheimer

Film berdurasi 3 jam 9 menit ini akan mengisahkan tentang kehidupan Julius Robert Oppenheimer, ahli fisikawan, seorang penemu dan pengemang bom atom pada era perang Dunia II.

Oppenheimer lahir di New York Amerika Serikat pada 22 April 1904, film ini akan menggambarkan kehidupannya sebagai mahasiswa lulusan Harvard, Cambridge, dan Goettingen. 

Gambaran lainnya, film ini akan memperlihatkan kesibukan Oppenheimer untuk menyusun proyek Manhattan yang begitu terkenal di Laboratorium Los Alamos.

Proyek tersebut berguna untuk menciptakan bom atom yang nantinya dibuat untuk senjata pemusnahan massal.

Proyek ini tentunya bersifat rahasia dan dikerjakan di banyak lokasi yang tidak diketahui orang lain seperti Hanford Washington, Oak Ridge Tennessee, dan juga Los Alamos New Mexico. 

Dalam proses pengembangan bom atom, Oppenheimer dilanda kebimbangan karena apa yang ia ciptakan akan membunuh banyak orang dalam waktu sekejap mata.

Ia kemudian punya inisiatif untuk meminta perdamaian alih-alih membunuh manusia secara massal.

Namun sayangnya niat kesatrianya itu membawanya kehilangan jabatan sebagai penasehat pemerintah di dalam bidang keamanan. 

Lantas bagaimana kisah akhir dari ahli fisika tersebut? Simak ending dan kisah lengkapnya di bioskop-bioskop yang ada di kotamu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR