Sinopsis Romeo Must Die, Aksi Jet Li Memburu Pembunuh Adiknya

11 September 2023 13:09 WIB

Narasi TV

Ilustrasi menonton film di bioskop. (Sumber: Pexels/Tima Miroshichenko)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Romeo Must Die merupakan film laga Amerika yang mengusung Jet Li sebagai tokoh utamanya. Film ini menceritakan kisah dunia mafia.

Dalam film Romeo Must Die, Jet Li berperan sebagai Han Sing, seorang mantan polisi Hong Kong yang punya hubungan keluarga yang pelik. Han Sing merupakan anak dari ketua Triad bernama Chu Sing (Henry O) dan kakak dari pentolan Triad bernama Po Sing (Jonkit Lee).

Hubungan keluarga tersebut membuat Han Sing dipenjara karena membiarkan ayah dan adiknya tersebut lari dari Hong Kong ke Amerika Serikat. Ia dianggap berkomplot untuk melarikan dua keluarganya tersebut ke Amerika.

Pada suatu waktu, Han Sing mendapat berita tragis bahwa adiknya telah dibunuh. Terpukul oleh kematian adiknya, Han Sing memutuskan untuk menyelidiki penyebab di balik tragedi tersebut.

Ia pun melarikan diri dari penjara di Hong Kong dan bergegas menuju Amerika untuk mengusut kematian adiknya tersebut.

Di Amerika, Chou Sing tengah menjalankan bisnis dengan seorang pengusaha perumahan bernama Isaak O'Day (diperankan oleh Delroy Lindo). 

Keduanya memiliki properti di tepi pantai dan mereka ingin menjualnya kepada seorang pengusaha bernama Vincent Roth (Edoardo Ballerini) yang punya rencana membangun sebuah stadion untuk salah satu klub NFL.

Namun, Isaak khawatir dengan kerja samanya dengan Chou Sing karena latar belakangnya yang erat dengan kriminalitas.

Oleh karena itu, ia memutuskan untuk memberikan keamanan yang lebih untuk anak-anaknya, yaitu Trish (Aaliyah) dan Colin (DB Woodside).

Trish yang punya jiwa bebas merasa terkekang dengan para penjaga utusan ayahnya yang selalu mengekornya kemanapun Trish pergi.

Dalam rentang masa itu, Han yang melarikan diri dari Hong Kong, sampai di Amerika. Ia pun bertemu Trish.

Berdasarkan keterangannya, Trish punya informasi tentang kematian adik Han. Ia pun mau membeberkannya pada Han asalkan Han mau membantunya keluar dari jerat keamanan ayahnya.

Trish kemudian bertemu dengan Han dan memohon agar Han membantunya untuk melepaskan diri dari pengawasan keamanan. Selain itu, Trish juga mengungkapkan bahwa adiknya, Po, telah meneleponnya sehari sebelum ia ditemukan tewas dibunuh.

Han yang baru datang ke Amerika dan tak mengenal rumitnya hubungan kelompok kriminal di Amerika, mengiyakan tawaran Trish.

Mereka berdua kemudian saling membantu mengungkap kematian adik Han, dimulai dari tersangka pertama: Chu Sing, ayah Han sendiri.

Romeo Must Die pertama kali dirilis pada tahun 2000 silam. Film ini disutradarai oleh Andrzej Bartkowiak. 

Andrzej Bartkowiak juga dikenal sebagai sutradara film seperti Doom (2005), Street Fighter: The Legend of Chun-Li (2009), dan Dead Reckoning (2020).

Jet Li memerankan peran utama dalam film ini dan beradu akting dengan Aaliyah, Isaiah Washington, Russell Wong, DMX, serta Delroy Lindo.

Pada masa penayangannya di bioskop, film ini meraup pendapatan sekitar USD91 juta dengan anggaran produksi sekitar USD25 juta.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR