Sinopsis Testament: The Story of Moses, Kisah Perjalanan Hidup Nabi Musa

7 April 2024 21:04 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan ilustrasi dalam film "Testament: Story of Moses" (2024). (Sumber: Netflix)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Testament: The Story of Moses merupakan serial dokumenter yang menceritakan kisah hidup Nabi Musa yang telah dirilis di Netflix sejak 27 Maret 2024.

Film garapan sutradara Benjamin Ross ini dibagi menjadi tiga episode dengan durasi setiap episode dengan 81 sampai 88 menit.

Melalui film terbarunya tersebut, Benjamin Ross akan mengajak para penontonnya untuk menggali kehidupan sosok Musa yang dimuliakan oleh tiga agama (Islam, Kristen, dan Yahudi).

Deretan film kisah Nabi Musa

Testament: The Story of Moses sejatinya bukan film pertama yang menggambarkan sosok nabi musa.

Sebelum film tersebut, terdapat beberapa film lain, sebut saja film The Ten Commandments (1956) yang mengisahkan tentang kehidupan Nabi Musa sejak lahir, diapungkan di Sungai Nil, diselamatkan oleh putri Firaun, dan dibesarkan di istana.

Tak hanya The Ten Commandments, pada tahun 1998 terdapat pula film animasi berjudul The Prince of Egypt yang berkisah tentang Musa dan perjalanannya menemukan Tuhan.

Lebih kekinian, pada tahun 2014, film Exodus: Gods and Kings dirilis dengan kisah Firaun yang lebih mempercayai Musa daripada putranya sendiri.

Daftar pemain Testament: The Story of Moses

Dalam film dokumenter produksi Netflix tersebut, sejumlah aktor bermain peran untuk dalam adegan-adegan ilustrasi yang menggambarkan jalan cerita kehidupan Musa.

Berikut daftar pemain film dokumenter Testament: The Story of Moses:

  • Avi Azulay sebagai Musa.
  • Dominique Jade Tipper sebagai Zipora.
  • Mehmet Kurtulus sebagai Firaun.
  • Ishai Golan sebagai Harun.
  • Reymonde Amsellem sebagai Miriam.
  • Tülay Günal sebagai Bithiah.
  • Melis Ulaş sebagai Jochebed.
  • Oberon KA Adjepong sebagai Yitro.
  • Emre Alp Törün sebagai Datan.
  • Cem Emüler sebagai Haman.

Sinopsis Testament: The Story of Moses

Film dokumenter ini mengikuti kisah kehidupan Nabi Musa serta kebangkitannya dari yang tadinya orang buangan dan pembunuh hingga akhirnya menjadi utusan Tuhan dan pembebas.

Berlatar tepian sungai Nil ke Gunung Sinai dan Laut merah, kisah kehidupan Nabi Musa tertuang dalam tiga episode.

Film Testament: The Story Of Moses ini juga menampilkan proses wawancara dengan para akademisi untuk menuturkan kisah Musa dari segala lini ilmu yang dapat kita raih.

Dalam wawancaranya, para ahli menjabarkan misi pribadi Musa yang mendalam yang tertuang dalam Alkitab, Al-Qur'an, dan Taurat.

Dalam wawancara, para narasumber juga mengungkapkan jika kisah Nabi Musa, meski terjadi pada ribuan tahun lalu, namun apa yang ia perjuangkan masih relevan digaungkan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR