Rekomendasi Situs Kerja Freelance untuk Permudah Proses Pencarian Klien

25 Apr 2023 19:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang pekerja lepas mencari klien di situs kerja freelance. (Sumber: Pexels/Vlada Karpovich)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Saat ini sudah terdapat banyak situs kerja freelance yang dapat membantu kamu untuk mencari kerja sesuai dengan skill dan minat yang kamu inginkan.

Freelance sendiri merupakan jenis pekerjaan yang banyak dicari, pasalnya pekerjaan ini memiliki beberapa kelebihan seperti jam kerja yang fleksibel dan memilih sendiri kepada siapa ia hendak bekerja.

Selain itu, model kerja freelance juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ketertarikan atau passion.

Hal tersebut dikarenakan model kerja freelance memiliki kuasa untuk memilih proyek kerja di bidang tertentu yang diinginkan.

Situs kerja freelance

Berikut adalah daftar website freelance yang sudah menjangkau pasar kerja nasional maupun internasional.

1. Projects.co.id

Projects.co.id masuk dalam daftar situs kerja freelance yang banyak digunakan para freelancer.

Banyak pekerjaan freelance yang bisa kamu dapatkan mulai dari programming, desain grafis, editing video dan audio, maupun bidang penulisan seperti content writer dan copywriter.

Selain menyediakan informasi seputar freelance, situs ini juga menyediakan transaksi jual beli.

Fitur tersebut memungkinkanmu menjual produk digital seperti desain grafis, video, ataupun template desain web di Projects.co.id.

2. Fiverr

Fiverr merupakan website freelance yang jangkauannya sudah mencapai ruang lingkup Internasional. 

Jika biasanya pemilik proyek atau klien yang memasang iklan, dalam Fiverr adalah freelancer yang memasang iklan untuk mendapatkan pekerjaan.

Melalui situs ini kamu hanya perlu mengenalkan diri dan mendeskripsikan kemampuanmu. Nantinya, klien akan menghubungimu jika tertarik dengan portofolio yang kamu miliki.

3. Sribulancer

Selanjutnya ada Sribulancer, situs ini memiliki beragam pilihan pekerjaan freelance yang ditawarkan di dalamnya. 

Tidak hanya berfokus pada desain, situs ini juga menyediakan pilihan lowongan pekerjaan dalam bidang lain seperti penulisan artikel dan programming.

Sribulancer menjadi salah satu situs pesaing terberat Projects.co.id, karena banyak pula orang yang mencari pekerjaan freelance di situs ini.

Keunggulan dari Sribulancer adalah mereka telah menyediakan layanan pembayaran melalui transfer bank dan bisa membayar dalam kurs rupiah maupun dolar AS.

4. Sribu

Situs ini masih di bawah satu manajemen dengan Sribulancer, namun yang membedakan keduanya adalah beragam pekerjaan freelance yang ditawarkan.

Jika sebelumnya Sribulancer menawarkan beragam banyak pekerjaan, situs Sribu berfokus hanya pada jasa desain saja, mulai dari desain logo sampau desain properti.

5. Upwork

Berikutnya ada situs Upwork yang telah memiliki lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien di sana.

Dalam Upwork, terdapat fitur pembayaran upah berdasarkan durasi kerja atau keberhasilan proyek, hal ini dapat membantu pekerja freelance melakukan perencanaan kerja.

Nah, itulah rekomendasi situs kerja freelance, bagaimana sudah tertarik untuk kerja freelance?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER