Apa Itu IELTS dan Arti Setiap Skornya?

1 Apr 2024 10:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi proses belajar persiapan tes IELTS. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System atau sistem tes Bahasa Inggris Internasional. Tes ini memiliki empat sesi berbeda untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris yaitu sesi listening, reading, writing, dan speaking

Nantinya nilai dari keempat tes itu akan diakumulasikan dengan nama nilai band. Nilai band sendiri berkisar dari 0 hingga 9. Masing-masing skor band sesuai dengan tingkat kompetensi berbahasa Inggris.

Nilai band ini digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris orang-orang yang ingin bekerja atau melanjutkan pendidikan di lingkungan berbahasa Inggris. Berikut keempat jenis test dalam IELTS agar kita bisa memahami  IELTS dengan lebih baik.

Jenis tes IELTS

  • Listening Section

Sesi mendengarkan atau Listening Section dalam IELTS menguji kemampuan peserta tes dalam hal penguasaan indera pendengaran dan pemahaman vokal Bahasa Inggris. 

Pada sesi ini, peserta akan mendengarkan empat rekaman suara percakapan penutur native Bahasa Inggris. Peserta kemudian diminta menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan rekaman pembicaraan tadi. Sesi ini berlangsung selama 30 menit.

  • Reading

Sesi membaca atau Reading Section dalam IELTS berlangsung selama 60 menit. Peserta tes akan diuji keterampilan membaca atau reading comprehension mereka. Umumnya peserta harus membaca inti, ide utama, detail, argumen logis dari tulisan dan mencari tahu sikap, pendapat, dan niat dari penulisnya.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER