11 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi!

22 Apr 2023 23:04 WIB

thumbnail-article

Wisatawan menikmati suasana sore hari di kawasan wisata Cagar Budaya Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/7/2021). ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Rizal Amril

Tempat  wisata di Semarang berikut ini bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan.

Ketika kamu hendak berwisata ke Jawa Tengah, pasti yang terbesit adalah Solo atau Yogyakarta. 

Namun, kamu jangan sampai lupa bahwa ada Semarang yang juga memiliki banyak tempat wisata populer yang menarik.

Banyak tempat wisata di Ibu Kota Jawa Tengah ini, mulai dari taman bermain hingga wisata alam yang instagramable.

Rekomendasi wisata di Semarang

Berikut ini adalah tempat wisata yang menarik yang ada di Semarang. Yuk disimak di bawah!

1. Lawang Sewu

Berbicara tempat wisata yang ada di Semarang tidak lengkap jika kita tidak berbicara Lawang Sewu. 

Lawang sewu adalah bekas perusahaan Kereta Api Hindia Belanda. Objek wisata ikonik ini terletak di Jalan Pemuda yang tidak jauh dari Simpang Lima sebagai pusatnya kota Semarang. 

Jika belum pernah liburan ke Semarang, Lawang Sewu jadi tempat wisata pertama yang perlu kamu kunjungi.

2. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park atau Saloka Park adalah salah satu taman bermain raksasa yang ada di kabupaten Semarang. Untuk mencapai taman bermain ini, kamu hanya perlu waktu sekitar 1 jam menggunakan mobil dari Kota Semarang. 

Letaknya tidak jauh dari Danau Rawa Pening dan bisa dicapai dengan mudah dari Ungaran dan Salatiga.

Saking besarnya Saloka Park, taman bermain ini sampai dibagi menjadi lima bagian dengan tema-tema khusus di tiap bagiannya.

Ketika berada di Saloka Park, jangan lupa menikmati pemandangan indah Rawa Pening dari beberapa wahana yang cukup tinggi ya!

3. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng tertua yang ada di Semarang. Klenteng ini dikenal sebagai tempat singgahnya Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok ketika datang ke Nusantara. 

Klenteng ini dibangun di petilasan datangnya Laksamana Cheng Ho. Klenteng ini adalah tempat wisata yang sangat populer di Semarang karena bentuknya dan berbagai festival serta acara keagamaan yang digelar di tempat ini.

4. Kota Lama Semarang

Sesuai dengan namanya Kota Lama Semarang adalah sebuah area di Kota Semarang yang terkenal dengan bangunannya yang bersejarah. 

Tempat ini merupakan pusat perdagangan Kota Semarang pada abad 19 hingga 20 Masehi. Kota Lama Semarang dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya eropa yang unik yang dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi.

Ketika mengunjungi Kota Tua, kamu harus mengunjungi Gereja Blenduk, gereja tertua di Jawa Tengah yang memiliki kubah yang ikonik. 

Menikmati suasana Kota Lama Semarang sambil duduk-duduk minum kopi adalah salah satu cara terbaik berwisata di Semarang.

5. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara adalah salah satu pagoda tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 45 meter yang menjulang ke langit. 

Pagoda ini adalah salah satu dari dua bangunan utama di Vihara Buddhagaya Watugong selain Pagoda Dhammasala. 

Tempat ini juga sangat indah ketika malam dengan cahaya lampu yang menerangi pagoda ini. 

Tidak heran vihara ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat kamu di Semarang.

6. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita adalah museum yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah. 

Museum ini merupakan salah satu museum yang paling terkenal di Jawa Tengah. Museum ini memiliki banyak koleksi yang lengkap dan gedung serta fasilitas yang terawat.

Oleh karenanya, Museum Ranggawarsita menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Semarang. Selain berwisata, mengunjungi museum ini juga memerikan edukasi.

7. Cimory on The Valley

Pecinta susu sapi sepertinya wajib sekali untuk berkunjung ke Cimory On The Valley. Sebab taman yang dibangun oleh perusahaan produk olahan susu sapi ini menyediakan banyak sekali olahan susu yang dapat kamu nikmati.

Dalam Cimory on The Valley, kamu dapat membeli berbagai olahan susu sapi seperti seperti susu segar, yogurt, dan lainnya

8. Dusun Semilir

Rekomendasi pertama yakni Dusun Semilir, sejak diresmikan pada 2019 lalu, Dusun Semilir menjadi salah satu wisata Semarang terpopuler hingga saat ini. Tempat wisata ini menawarkan desain interior dan eksterior bangunan yang unik.

Lokasi Dusun Semilir: Jl. Soekarno-Hatta No.49, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah

9. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti menjadi rekomendasi tempat wisata kedua yang berada di Semarang. Umbul Sidomukti merupakan destinasi wisata yang terletak di kaki Gunung Ungaran.

Wisata ini menawarkan pesona alam yang begitu menawan dengan kondisi udara yang sangat sejuk. Wisata Umbul Sidomukti dilengkapi berbagai fasilitas, mulai kolam renang, cafe, hungga aktivitas outbound. Tidak hanya itu, tempat wisata ini menyediakan villa dan resort bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Lokasi Umbul Sidomukti: Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

10. Brown Canyon

Tempat wisata yang estetik dan instagramable Semarang selanjutnya adalah Brown Canyon. Meski area ini terkesan tandus karena bekas tambang pasir, akan tetapi area wisata justru menawarkan pesona menawan layaknya latar film Hollywood.

Lokasi Brown Canyon: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

11. Museum Ranggawarsita

Rekomendasi terakhir tempat wisata yang hits dan Instagramable di Semarang adalah Museum Ranggawarsita. Sebagaimana museum pada umumnya, Museum Ranggawarsita dijadikan tempat untuk menyimpan benda sejarah terlengkap di Semarang.

Adapun benda-benda bersejarah yang dimaksud seperti keris, topeng, aksesori, dan koleksi mengesankan lainnya.

Bahkan tidak hanya itu, Museum Ranggawarsita juga menyimpan informasi terkait perkembangan bumi, manusia, hingga budaya.

Lokasi Museum Ranggawarsita: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah

Demikian adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika ke Semarang, selamat liburan!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER