Teroris di Polsek Astanaanyar Pernah Terlibat Kasus Bom Cicendo, DPR Soroti Minimnya Anggaran ke Eks Napiter

9 Desember 2022 02:11

Narasi TV

Anggota Komisi III DPR RI asal Aceh M Nasir Djamil (ANTARA/Rahmat Fajri)

Penulis: Rahma Arifa

Editor: Akbar Wijaya

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKS M. Nasir Djamil menyoroti minimnya anggaran rehabilitasi yang dialokasikan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk para mantan narapidana terorisme (napiter).

Hal ini menurut Nasir membuat upaya pengawasan sekaligus deradikalisasi terhadap mantan napiter seperti Agus Sujatno tidak optimal.

"Memang anggaran yang dialokasikan kepada para mantan narapidana terorisme untuk mereka bisa berintegrasi, bersosialisasi, dan punya penghidupan yang layak sangat minim sekali sehingga tidak bisa menjangkau semua," kata Nasir kepada Narasi, Kamis (9/12/2022).

Agus Sujatno (34 tahun), pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung merupakan residivis kasus bom panci di Cicendo Bandung 2017 silam. Ia bebas dari LP Nusakambangan pada 2021 dan luput dari pengawasan.

Nasir mengatakan aksi Agus merupakan peringatan kepada pemerintah untuk memperhatikan para mantan napiter.

"Jadi ini sebuah warning untuk pemerintah terkait bagaimana mereka memperlakukan mantan narapidana terorisme," ujar Nasir.

Nasir mengatakan Komisi III DPR sudah sering mewanti-wanti perihal perlakuan BNPT terhadap para tahanan dan mantan napiter.

Perlakuan itu misalnya meliputi perlakuan saat ditahanan, metode deradikalisasi, hingga upaya memasukan doktrin Pancasila kepada mereka.

"Jadi ada kemungkinan memang karena dia tidak punya penghidupan, jarang bergaul, bersosialisasi, akhirnya kembali ke pemikiran lamanya, ke habitatnya lagi," ujar Nasir.

Nasir mengaku meragukan soal kertas bertuliskan yang tertempel di depan motor Agus. Menurutnya tulisan dalam kertas itu belum tentu dibuat Agus atau berasal dari inisiatif Agus.

"Saya juga ragu apakah itu tulisan dari dia, atau memang inisiatif dari dia, atau memang ada pihak-pihak lain yang memanfaatkan dia untuk melakukan itu. Jangan-jangan dia juga enggak baca KUHP. Memang dia baca KUHP? Kan kita enggak tau juga," katanya.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

3 bulan yang lalu

Nama tsb tdk asing.Apamgkn AgusSujatno(tni yg tua/perancuan umur)_agussujatno yg lain.Aneeh.biasanya;dendampribadi,motifnya yg plg sering;tanah warisankeluarga temurun"dirampas/tdkterbayar"oleh oknum2pemerintah.SemogaSayaSalah.trims.😔😒😘😔😒😔😒