Timnas U-20 Dibantai Prancis 0-6, Shin Tae-yong Ungkap Sejumlah Alasan

18 November 2022 09:28

Narasi TV

Pelatih tim nasional U-20 Indonesia Shin Tae-yong memerhatikan permainan anak-anak asuhnya pada laga persahabatan kontra Prancis di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Jumat (18/11/2022) dini hari WIB, yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Prancis. (ANTARA/HO-PSSI)

Penulis: Antara

Editor: Akbar Wijaya

Faktor fisik dan mental menjadi alasan kekalahan Timnas U-20.

Pelatih tim nasional U-20 Indonesia Shin Tae-yong berdalih faktor rasa lelah dan takut menjadi penyebab anak-anak asuhnya kalah 6-0 dalam laga persahabatan melawan Prancis di Murcia, Spanyol, Jumat (18/11/2022) dini hari WIB.

"Kondisi pemain belum pulih. Mereka kelelahan setelah menjalani TC (pemusatan latihan-red) di Turki," ujar Shin, dikutip Antara dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta usai pertandingan.

Timnas U-20 Indonesia tiba di Spanyol usai menuntaskan TC (training center) di Turki, Selasa (15/11/2022) dan baru menjalani latihan perdana keesokan harinya waktu Spanyol.

Artinya, timnas U-20 hanya memiliki kurang dari dua hari untuk mempersiapkan diri melawan Prancis.

Menurut Shin, rasa letih pascaperjalanan jauh dari Turki, membuat timnas U-20 pun banyak melakukan kesalahan di lapangan.

"Kesalahan-kesalahan itu membuat kami kemasukan gol. Kami harus mengevaluasi ini," tutur Shin.

Selain soal fisik, Shin Tae-yong juga menyoroti soal mental anak-anak asuhnya yang belum tangguh.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan kerap kalah sebelum bertanding ketika bertemu tim-tim yang kualitasnya lebih baik dengan postur pemain lebih tinggi.

"Kami harus menyingkirkan pikiran takut seperti itu. Sebenarnya kemampuan pemain bagus tetapi rasa takut mengakibatkan mereka melakukan kesalahan. Pemain pun tidak bisa melakukan yang terbaik," kata Shin.

Agenda Pemusatan Pelatihan Timnas U-20

Pertandingan melawan Prancis menjadi yang pertama bagi timnas U-20 Indonesia di Spanyol.

Berikutnya, skuad berjuluk "Garuda Nusantara" akan menghadapi Slovakia pada Sabtu (19/11).

Laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela pemusatan latihan (TC), menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Indonesia mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1, Moldova (3-1) dan Antalyaspor (3-2).

Selain itu, timnas U-20 menahan imbang tanpa gol Moldova dan seri 3-3 dengan tim U-20 Baerum SK. Kekalahan datang saat menghadapi Turki (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Jordi Amat dan Sandy Walsh Jadi WNI, Iwan Bule Ikut Sibuk Mengurus KTP dan KK ke Dukcapil

TEKS

Aksi Bonek Usai Persebaya Kalah dari RANS: Ngamuk, Ngerusak Stadion Tim Lain, Sampai Sound System Hilang

TEKS

Beda Pendapat PSSI vs Jakpro Soal JIS: Begini Pedoman FIFA Terkait Standar Fasilitas dan Keamanan Stadion

TEKS

PSSI Pernah Memuji JIS Sebagai Stadion Impian Timnas Pertama Berstandar FIFA, Kok Sekarang Omongannya Beda?

TEKS

PSSI Sebut JIS Tidak Standar FIFA, Terkait Ambisi Iwan Bule Maju Pilgub Jabar?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya