Tips Berbagi Tugas Merawat Anak Bersama Pasangan

2 November 2023 14:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pembagian tugas dalam mengasuh anak di sebuah keluarga. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Dalam berumah tangga, sejatinya perempuan dan laki-laki saling bekerja sama, terlebih dalam merawat anak. Namun terkadang keduanya tak tahu akan memulai berbagi tugas dari mana. Berikut ini tips bagi tugas merawat anak bersama pasangan.

Peran ayah dan ibu sama pentingnya dalam mengasuh anak, baik ketika masih bayi maupun sudah dewasa. Bonding yang baik nyatanya dapat memengaruhi tumbuh kembang anak.

Selain bonding dengan anak, suami yang ikut berperan merawat anak juga dapat meringankan beban istri. Dengan begitu, istri tak akan merasa burnout karena kelelahan dalam mengurus anak.

Lantas, bagaimana tips berbagi tugas merawat anak bersama pasangan?

  • Buat to do list bersama

Mulailah dengan membuat to do list bersama. Buat kesepakatan terkait aktivitas apa saja yang perlu dilakukan ayah seperti mengganti popok dan menggunting kuku anak. Sementara tugas ibu adalah menyusui dan memandikan anak.

Pembagian ini memang terlihat simple, tetapi harus dikomunikasikan bersama. Ingat, pasanganmu bukan cenayang yang bisa membaca pikiranmu.

  • Sepakati begadang

Jam tidur bayi memang belum teratur, apalagi jika baru saja lahir. Buatlah kesepakatan waktu begadang sehingga kamu bisa bergantian mengurus anak bersama pasangan. Tentukan kapan pasanganmu begadang, kapan giliranmu, dan kapan kalian berdua harus sama-sama begadang.

  • Hargai perbedaan cara melakukan sesuatu

Dalam mengurus anak, kalian tentu memiliki cara yang berbeda. Apalagi kalian berasal dari keluarga yang berbeda dengan kebiasaan atau tradisi yang tentu berbeda pula.

Alih-alih mengkritik pasangan, kamu bisa mengajarkan bagaimana cara menggantikan popok atau memijat anak jika dirasa keliru. Tunjukkan cara yang benar berdasar rekomendasi dokter.

  • Lakukan pelan-pelan

Jika kalian pasangan baru, ingatlah bahwa kalian belum pernah menjadi orang tua yang berhasil mendidik anak. Kalian masih sama-sama belajar sehingga perlu waktu untuk berproses.

  • Percaya pada suami

Percayakan tugas-tugas yang mampu dilakukan suamimu dengan baik dan menyenangkan. Ingat, kalian berdua pasti memiliki cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu. Selagi sama-sama nyaman dan saling percaya, mengapa harus dipermasalahkan?

  • Berikan apresiasi pada pasangan

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada pasangan karena telah bekerja sama dalam merawat anak.

Itu tadi enam tips berbagi tugas merawat anak bersama pasangan. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR