Tips Dapat Kerja Sebelum Lulus, Mahasiswa Akhir dan Fresh Graduate Wajib Baca!

18 Jul 2023 14:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi wawancara kerja. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Mendapatkan pekerjaan sebelum lulus atau wisuda bukanlah hal yang mustahil bagi mahasiswa semester akhir. Meski beberapa perusahaan mensyaratkan minimal pengalaman, namun itu bukan menjadi penghalang bagi para mahasiswa akhir atau fresh graduate. Simak penjelasan mengenai tips dapat kerja sebelum lulus berikut ini!

  • Manfaatkan momen magang di perusahaan

Beberapa program studi di perguruan tinggi mensyaratkan magang atau praktik kerja lapangan sebelum lulus. Maka, manfaatkan momen tersebut untuk menunjukkan kemampuanmu bekerja di perusahaan tempat magang. 

Bisa jadi perusahaan tersebut menawarkan kesempatan bekerja setelah kamu lulus dari kuliah. Atau kamu juga bisa dipertimbangkan menjadi kandidat karyawan di perusahaan bersangkutan karena kinerjamu yang baik.

  • Mencari lowongan kerja di berbagai sumber

Zaman sekarang lowongan kerja tidak hanya disebarkan menggunakan brosur. Kamu juga bisa mencari lowongan kerja di berbagai sumber media sosial seperti LinkedIn, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Usahakan agar tidak hanya terpaku pada satu sumber saja.

  • Mengikuti job fair

Job fair dapat memberi banyak informasi tentang lowongan pekerjaan. Bahkan tak sedikit juga yang langsung mendapat kesempatan wawancara alias walk in interview. Jadi, ketika kamu menghadiri job fair, jangan lupa untuk membawa CV dan surat lamaran kerja untuk mempermudah proses lamaran.

  • Menyertakan data CV yang lengkap

Sebelum mengirimkan CV, pastikan agar CV tersebut sudah memuat data yang lengkap untuk mempermudah recruiter. Data-data tersebut adalah data pribadi (nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor yang aktif, dan email formal).

Selain data pribadi, ada pula deskripsi diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, prestasi, pengalaman organisasi, dan pelatihan tertentu yang perah diikuti.

  • Buat CV menarik

CV menarik bukan berarti yang desainnya terlalu ramai. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat CV adalah template yang rapi, pemilihan jenis font yang tepat, ukuran huruf dapat dibaca dengan jelas, serta gunakan kombinasi warna yang bagus.

  • Memperluas relasi

Relasi yang luas juga menjadi salah satu faktor cepat mendapatkan pekerjaan. Bahkan tak jarang perusahaan yang merekrut orang via rekomendasi “orang dalam”. Dengan menjalin relasi luas dapat membantu memeroleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. 

  • Buat surat lamaran kerja

Selain CV, surat lamaran kerja juga termasuk dokumen yang penting. Surat lamaran kerja berisi pembukaan, perkenalan, data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan tersebut, lampiran berkas, dan penutup. Jangan lupa untuk memperhatikan penulisan yang rapi, lengkap, jelas, dan tidak ada huruf salah ketik.

Itu tadi beberapa tips dapat kerja sebelum lulus. Jika kamu gagal di satu perusahaan, bukan berarti kamu gagal di perusahaan lain. Jadi, jangan menyerah dan teruslah berusaha.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER