Tips Memilih Beasiswa yang Tepat Sebelum Mendaftar

26 May 2023 14:05 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pengisian formulir pendaftaran beasiswa. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Beasiswa memiliki berbagai jenis dan skema yang berbeda, oleh karena itu penting bagi para pemburu beasiswa untuk memilih beasiswa apa yang paling cocok untuknya.

Kemajuan teknologi membuat informasi tentang beasiswa begitu terbuka sehingga pilihan beasiswa yang tersedia pun tidak sedikit. Mulai dari beasiswa dari pemerintahan, organisasi, perusahaan baik dalam dan luar negeri. 

Banyaknya pilihan ini tak jarang membuat pencari beasiswa justru galau ingin memilih beasiswa yang mana.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa tips untuk memilih beasiswa:

  • Carilah informasi sebanyak mungkin tentang beasiswa

Informasi tentang beasiswa menjadi hal utama yang harus diperhatikan karena terkait dengan nominal beasiswa, kriteria dan persyaratan. Sebaiknya jangan berhenti di situ karena masih banyak informasi krusial lainnya yang harus diperhatikan seperti periode beasiswa, cakupan, serta jenis beasiswa.

Perlu diingat, dalam mencari info beasiswa juga harus selektif dan bisa memfilter sumber informasi tentang beasiswa. Carilah informasi melalui sumber yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Kenali dirimu terlebih dahulu

Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengenali dirimu sendiri dan mengetahui kebutuhanmu dalam mencari beasiswa. 

Pertanyaan seperti beasiswa seperti apa yang kamu inginkan? Apakah kamu perlu pembiayaan penuh atau hanya sebagian? Apakah aku harus mencari beasiswa yang menjanjikan ikatan dinas?

Pertanyaan tersebut harus sudah bisa dijawab sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti seleksi beasiswa tertentu.

  • Kenali jenis beasiswa

Beasiswa tidak sesimple anda mendapatkan pihak ketiga yang memberi bantuan biaya pendidikan. Terdapat beragam jenis dan skema dari beasiswa yang tersedia, pilihlah beasiswa yang paling sesuai dengan keinginan dan kualifikasi. 

Jenis beasiswa dapat dibedakan dalam berbagai kategori. Dari cakupannya terdapat Beasiswa Penuh atau Full Scholarship yang tidak hanya menanggung biaya studi tapi menanggung biaya pendukung seperti biaya hidup, akomodasi perjalanan dan lain-lain.

Ada juga Beasiswa Sebagian atau Partial Scholarship di mana yang ditanggung oleh komite beasiswa hanyalah sebagian dari total biaya yang diperlukan selama studi.

Beasiswa juga dibedakan dari bentuknya, yaitu beasiswa ikatan dinas yang mewajibkan penerima beasiswa untuk bekerja di instansi atau perusahaan pemberi beasiswa. Ada juga beasiswa khusus untuk penelitian, serta beasiswa akademik maupun non akademik.

Mengetahui jenis beasiswa tentu sangat penting bagi pencari beasiswa agar tidak salah mengambil skema atau jenis beasiswa yang diinginkan.

  • Konsultasi dengan ahli

Setelah mencari info dan menentukan target beasiswa apa yang akan diambil akan lebih baik jika berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli. Pihak ini adalah pihak sekolah maupun kampus yang khusus menangani soal beasiswa atau orang yang pernah mendapatkan atau menerima manfaat beasiswa yang diincar. 

Calon penerima juga bisa bertanya langsung ke pihak pemberi beasiswa mengenai program beasiswa.

Dengan berdiskusi dengan pihak yang lebih ahli tentu penerima beasiswa akan mendapatkan insight tentang beasiswa yang akan anda ambil serta pengalaman selama menerima manfaat beasiswa tersebut.

Hal ini penting agar calon pelamar beasiswa bisa menilai apakah beasiswa yang diincar sudah sesuai dengan yang diinginkan mulai dari nominal, program, serta bentuk beasiswa tersebut.

Penerima manfaat juga bisa mendapat tips dan trik khusus agar meningkatkan peluang diterima program beasiswa tersebut.

Itulah beberapa tips bagi pemburu beasiswa agar mendapatkan beasiswa yang sesuai. Ingat pilihlah beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan passion-mu, salah memilih beasiswa bisa jadi bumerang dan justru merugikan lho.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER