5 Tips Merawat Battery Health iPhone Agar Tetap Awet

28 Januari 2024 15:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi handphone yang sedang diisi daya baterainya. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

iPhone adalah gawai telepon pintar yang dikeluarkan oleh Apple.inc dan menjadi salah satu jenama yang sangat diminati. Sayangnya, iPhone terkenal dengan baterai yang cepat habis dibanding merk lainnya. Lantas, bagaimana cara merawat battery health iPhone?

Penting bagi pemilik iPhone untuk menjaga kondisi gawainya, salah satunya dengan selalu memperhatikan battery health agar iPhone lebih awet. Fitur ini dapat di menu pengaturan atau setting di ponsel pintar Iphone. 

Dengan fitur ini, pengguna iPhone dapat melihat kondisi baterai ponsel dengan skala 0-100%. Semakin rendah angka yang ditampilkan di menu Battery Health maka semakin buruk juga kondisi baterai iPhone.

Nilai battery health yang buruk bisa berdampak pada penurunan kualitas dan performa iPhone, salah satunya adalah baterai akan lebih cepat habis. Tentu saja ini akan berdampak pada penurunan fungsi. Belum lagi biaya sparepart dan service iPhone yang cukup mahal menambah urgensi bagi pengguna iPhone untuk lebih menjaga battery health.

Tips merawat battery health iPhone

Memang seiring berjalannya waktu, battery health iPhone akan menurun. Namun pengguna bisa melambatkan penurunan tersebut dengan cara-cara berikut ini:

  • Hindari menghabiskan baterai hingga 0%

Hal pertama yang harus dihindari adalah menggunakan iPhone hingga baterai benar-benar habis. Hal ini akan membuat umur baterai iPhone berkurang. Idealnya, jika indikator baterai sudah menunjukkan angka 20%, maka sudah saatnya anda mengisi baterai iPhone. 

  • Jangan diisi terlalu penuh

Sebaliknya, ketika mengisi daya maka hindari mengisi baterai hingga 100%. Ini akan berefek pada peningkatan suhu iPhone yang akan mengurangi battery health.  Idealnya baterai iPhone yang digunakan secara rutin sebaiknya diisi hingga 80% saja. Jika akan disimpan, maka cukup mengisinya sebesar 50%. 

Kesalahan yang lebih parah dan sering dilakukan adalah tidak segera mencabut charger, padahal baterai sudah terisi 100%. Hal ini akan menyebabkan iPhone menjadi overheat dan battery health iPhone akan turun lebih cepat.

  • Jangan digunakan ketika sedang mengisi daya

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah menggunakan iPhone saat sedang mengisi daya. Tindakan ini menyebabkan iPhone menjadi overheat. Hal tersebut dikarenakan peningkatan suhu ketika iPhone tersambung dengan charger, ditambah peningkatan suhu ketika gawai sedang digunakan. 

  • Jangan sampai iPhone panas

Sebelumnya memang disinggung tentang suhu yang akan menurunkan kondisi baterai iPhone. Lalu mengapa iPhone jangan sampai kepanasan? Apa hubungannya dengan baterai? 

Tentu saja baterai iPhone yang terbuat dari senyawa litium akan bereaksi jika terpapar panas. Belum lagi zat kimia yang lain sehingga kondisi baterai akan segera turun. Selain dua poin sebelumnya, jangan meninggalkan iPhone dibawah terik matahari atau paparan panas ekstrem  karena akan menurunkan performa.

Penggunaan casing yang terlalu tebal juga berpotensi meningkatkan suhu iPhone dan menurunkan level battery health.

  • Gunakan charger asli

Penggunaan charger asli tentu saja akan lebih aman dibandingkan dengan charger yang bukan ori. Sebab, daya yang dihantarkan sudah disesuaikan dengan kemampuan iPhone. 

Charger yang bukan ori tidak dapat dipastikan apakah sesuai dengan tegangan yang mampu diterima oleh iPhone, apabila tegangan terlalu tinggi tentu saja beresiko untuk mengurangi level battery health iPhone.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR