Tips Sebelum Puasa Ramadan, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

10 Mar 2024 12:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi jam weker, buah, dan air mineral. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Bulan Ramadan sudah di depan mata. Apa saja persiapan yang sudah kamu lakukan untuk menyambut bulan yang suci?

Cek daftarnya berikut ini:

  • Persiapan fisik

Salah satu persiapan yang paling penting dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan. Sebagai bentuk latihan, kamu bisa mulai melakukan puasa sunah beberapa pekan sebelum bulan puasa. Selain itu, konsumsi makanan bergizi seimbang serta lakukan olahraga ringan untuk mempersiapkan stamina. Jika diperlukan, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan tubuhmu benar-benar siap menghadapi bulan puasa.   

  • Persiapan jiwa

Menjelang bulan Ramadan, biasakan membaca Alquran setiap hari dan melaksanakan salat tepat waktu. Kamu juga bisa memperdalam ilmu agama sebagai persiapan rohani dalam menyambut bulan yang suci. 

  • Persiapan hati dan pikiran

Menyambut bulan puasa, bersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang kurang baik dan bermanfaat. Niatkan puasa Ramadan tak hanya sebagai ibadah fisik, melainkan juga spiritual. 

  • Meningkatkan kualitas ibadah

Ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan akan mendapatkan ganjaran pahala berkali lipat. Ada baiknya jika kamu mulai meningkatkan kualitas ibadah sejak sebelum puasa, baik ibadah wajib maupun sunah. 

  • Perbanyak doa

Bulan Ramadan adalah waktunya untuk lebih banyak memanjatkan doa dan permohonan kepada Allah SWT. Buatlah daftar doa dan zikir dan hafalkan sebelum memasuki bulan Ramadan agar ibadah menjadi lebih fokus dan khidmat. 

  • Persiapan stok makanan dan minuman

Karena harus makan sahur setiap pagi, kamu sebaiknya menyiapkan stok bahan makanan atau makanan siap saji di rumah. Hal ini tentunya akan membuat persiapan sahur menjadi lebih mudah dan efisien. 

  • Buat jadwal sahur dan berbuka

Supaya ibadah puasa Ramadan menjadi lebih semangat, kamu bisa membuat jadwal menu sahur dan berbuka setiap harinya. Melalui jadwal ini, kamu juga bisa memantau asupan yang diperlukan atau sebaiknya dihindari agar ibadah puasa berjalan lancar. 

  • Berbuat baik

Bulan Ramadan menjadi waktu yang ideal untuk menumbuhkan kebiasaan berbuat baik kepada sesama. Beberapa amalan yang dapat mulai dibiasakan sebelum memasuki bulan Ramadan di antaranya bersedekah, menolong orang lain, hingga berbuat baik kepada hewan. 

  • Membayar utang puasa

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan adalah membayar utang puasa dari Ramadan sebelumnya. Sebagaimana utang materi, utang puasa adalah kewajiban yang harus dibayar oleh seorang Muslim. 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER