Update Arus Mudik: Jumlah Penumpang di Bandara Halim Naik 35 Persen Dibanding Tahun Lalu

8 April 2024 16:04 WIB

Narasi TV

Para pemudik tengah mengantre masuk di Bandara Halimperdanakusuma, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (Sumber: ANTARA/Putri Hanifa)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pengguna pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur mengalami peningkatan kisaran 35 persen pada arus mudik Lebaran Idulfitri 2024/1445 Hijriah.

"Sampai hari ini jumlahnya cukup banyak di tahun ini. Peningkatannya sampai hari ini sudah 35 persen dibandingkan 2023," kata EGM Operasional Bandara Halim Perdanakusuma Kolonel Nav Insan Nanjaya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (08/04/2024), dikutip dari Antara.

Berdasar data arus mudik Idulfitri di Bandara Halim Perdanakusuma, pada H-2 Lebaran ini, jumah penumpang sudah mulai berkurang dibandingkan ketika puncak arus mudik pada Sabtu (6/4) lalu dengan total 13.947 penumpang yang diberangkatkan.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan hari biasa, jumlah penumpang meningkat drastis hingga mencapai di atas 10.000 penumpang per hari.

"Hari ini saja yang sudah tercatat di reservasi tiket itu jumlah keberangkatan penumpang mencapai 10.576 orang," ungkapnya

Didominasi tujuan Sumatra-Jawa

Insan Nanjaya menambahkankan bahwa keberangkatan penumpang di Bandara Halim saat periode mudik Lebaran 2024, masih didominasi tujuan ke Jawa dan Sumatera. 

Menurutnya, kebanyakan penumpang di Bandara Halim merupakan pemudik dengan kota tujuan seperti Padang, Pekanbaru, Kualanamu, dan Palembang.

Meskipun terjadi peningkatan penumpang yang drastis, Insan Nanjaya menyatakan bahwa harga tiket pesawat yang terjual masih mengikuti kenaikan harga tarif batas atas yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Maskapai tambah frekuensi penerbangan

Sebelumnya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang seperti yang terjadi pada dua hari  ini, sejumlah maskapai telah menambah rute dan frekuensi penerbangan dengan keberangkatan Bandara Halim Perdanakusuma.

Nadia Putri Andria selaku Humas Bandara Halim Perdanakusuma mengatakan bahwa maskapai Citilink menambah rute penerbangan dari Halim Perdanakusuma ke Kota Pekanbaru dan Balikpapan, serta meningkatkan frekuensi penerbangan ke Surabaya dan Padang.

“Frekuensi penerbangan sendiri itu kalau Citilink ada dari Halim-Surabaya itu ada dua penerbangan, begitu juga dengan Halim-Padang," kata Nadia kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu (6/4) lalu.

Sementara untuk maskapai Batik Air, Nadia menyatakan juga melakukan penambahan frekuensi penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Kota Batam, Yogyakarta, serta Semarang.

"Kalau untuk Batik itu penambahan juga untuk frekuensi penerbangannya itu di Halim-Batam, dan Halim-Yogyakarta (YIA), begitu juga dengan Halim-Semarang," ungkapnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR