Urutan Nonton Film Final Destination, Apakah Saling Berhubungan?

3 Oktober 2023 14:10 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film "Final Destinantion 3." Sumber: thecinemaholic.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Final Destination merupakan salah satu seri film horor-thriller paling populer dan ikonik.

Sampai saat ini, Final Destination telah mengeluarkan lima seri film yang semuanya meninggalkan kesan mendalam bagi penonton. 

Seri film ini mengangkat tema kematian dengan unsur sadisme serta adegan-adegan ikonik yang membuat beberapa orang mungkin terganggu saat menontonnya. 

Tak heran jika ingatan akan film-film Final Destination masih tersimpan baik dalam ingatan penonton setelah lebih dari dua sekade. 

Untuk menyegarkan kembali ingatan, atau bagi kamu yang belum pernah menonton, berikut ini urutan dan sinopsis singkat film-film Final Destination dari yang pertama hingga terakhir.

Sebagai informasi, film-film Final Destination tidak saling berkaitan sehingga dapat ditonton dari mana saja. Urutan di bawah ini adalah berdasarkan tahun rilis film. 

  • Final Destination (2000)

Seri pembuka Final Destination ini dirilis pada tahun 2000. Film pertama ini bercerita tentang sekelompok siswa sekolah menengah yang sedang bersiap-siap untuk menikmati liburan musim panas. 

Saat hendak bepergian menggunakan pesawat, salah satu dari mereka mendapatkan pengelihatan tentang kecelakaan yang akan menimpa pesawat tersebut.

Untuk menghindari terlibat dalam kecelakaan, mereka pun segera meninggalkan pesawat sebelum kecelakaan itu terjadi. 

Karena telah mencurangi kematian, para siswa satu per satu dikejar oleh kematian dengan cara-cara yang mengerikan. 

  • Final Destination 2 (2003)

Usai meraih kesuksesan pada film pertamanya, Final Destination berlanjut ke seri film kedua pada tahun 2003. 

Cerita kali ini berfokus pada karakter utama, Kimberly, yang mendapatkan pengelihatan mengerikan tentang sebuah kecelakaan lalu lintas mematikan. 

Kimberly pun berusaha untuk menyelamatkan beberapa orang yang ia lihat melalui pengelihatannya, termasuk karakter-karakter dari film pertama. 

  • Final Destination 3 (2006)

Seri ketiga dari Final Destination ini rilis pada 2006, berkisah tentang seorang siswa bernama Wendy yang juga mendapatkan prediksi akan kematian di masa depan. 

Melalui foto-foto misterius, Wendy melihat kematian mengerikan teman-temannya di sebuah wahana roller coaster.

Dia kemudian berusaha untuk menghindarkan teman-temannya dari kematian dengan mengikuti petunjuk yang ada pada foto-foto tersebut.

  • The Final Destination (2009)

Film yang juga dikenal sebagai Final Destination 4 ini dirilis pada tahun 2009. Ceritanya mengikuti sekelompok orang yang selamat dari kecelakaan mobil mengerikan di sebuah sirkuit balapan. 

Namun, mereka segera menyadari bahwa kematian tidak akan membiarkan mereka lolos begitu saja. 

Film ini mengeksplorasi konsep kematian yang mengambil langkah balas dendam sehingga menuntun penonton kepada pertanyaan tentang nasib dan takdir. 

  • Final Destination 5 (2011)

Final Destination 5 merupakan seri penutup yang dirilis pada 2011. Film ini sebenarnya merupakan prekuel dari film pertama yang membawa penonton kembali ke awal cerita. 

Film kelima ini menceritakan sekelompok orang yang selamat dari insiden runtuhnya sebuah jembatan gantung. 

Nah, itu dia urutan menonton film Final Destination berdasarkan tahun rilisnya. Film mana saja yang sudah kamu tonton?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR