Value Proposition: Definisi, Komponen, dan Elemennya

26 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pelanggan yang memberi penilaian atas barang yang dibelinya. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Value proposition merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar produknya mampu bersaing di pasaran.

Melalui value proposition, perusahaan akan lebih mudah dalam menunjukkan kelebihan produk atau jasa kepada calon pelanggan. 

Value proposition juga bisa memberikan pengaruh kepada calon pelanggan untuk memilih produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Apa itu value proposition?

Melansir Investopedia, value proposition merupakan istilah dalam bidang marketing yang merujuk pada nilai yang diberikan perusahaan kepada pelanggan yang membeli produk atau layanannya. 

Nilai tersebut dapat ditunjukkan melalui pernyataan singkat tentang manfaat atau ajakan kepada calon pelanggan untuk menggunakan produk atau layanannya. 

Komponen value proposition

Value proposition menampilkan alasan utama mengapa suatu produk atau layanan tepat digunakan untuk calon pelanggan. Oleh sebab itu, informasi tersebut harus selalu ditampilkan dengan jelas di situs web perusahaan maupun medium pemasaran lainnya. 

Berikut tiga komponen utama yang biasanya dijumpai pada value proposition:

  • Headline

Value proposition yang sukses biasanya memiliki headline yang kuat, jelas, dan mampu mengkomunikasikan manfaat yang diberikan kepada konsumen. 

Headline ini umumnya berupa satu kalimat, frasa, atau tagline yang mudah diingat, sering kali disertai slogan-slogan menarik yang menjadi bagian dari kampanye marketing.

  • Subheadline

Di bawah headline, terdapat subjudul atau subheadline yang umumnya berisi informasi rinci seputar nilai yang ditawarkan oleh perusahaan. Informasi tersebut mencakup produk dan jasa yang ditawarkan, siapa target pasarnya, hingga keunggulan produk dan jasa. 

Subheadline biasanya terdiri dari satu hingga dua kalimat panjang yang menjelaskan secara rinci keunggulan produk dan jasa.  

  • Visual 

Terakhir, terdapat komponen visual yang berfungsi untuk menarik perhatian konsumen dan membantu mereka memahami fitur dan kelebihan produk dan jasa dengan cepat. 

Komponen visual yang biasa digunakan seperti gambar, video, atau infografik. 

Elemen value proposition

Untuk membuat value proposition yang baik, terdapat sejumlah elemen penting yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Newness

Newness merupakan inovasi produk atau jasa dari perusahaan yang bisa ditawarkan kepada konsumen, yang mungkin belum dimiliki oleh perusahaan lain. 

  • Performance

Elemen performance berkaitan dengan seberapa baik kegunaan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Customization

Customization berkaitan dengan fleksibilitas, di mana produk perlu disesuaikan kembali agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR