Visualisasi Hasil Pilpres 2024: Melihat Di Mana Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Mampu Mengalahkan Prabowo-Gibran

27 Maret 2024 13:03 WIB

Narasi TV

Penulis: Husein Susilo

Editor: Akbar Wijaya

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming telah ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden yang memperoleh suara terbanyak. Paslon bernomor urut 2 ini berhasil mendapat 96.214.691 suara sah. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 40.971.906 suara, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara. 

Hampir di seluruh provinsi, Prabowo-Gibran menang. Hanya di Aceh dan Sumatera Barat, Anies-Muhaimin unggul dengan perolehan suara masing-masing 73,56% dan 56,53%. Ganjar-Mahfud tidak mampu menang di satu provinsi pun. 

Di satu sisi, Prabowo-Gibran mencatatkan kemenangan tertinggi di Sulawesi Utara (75,31%), provinsi yang terkenal sebagai basis PDI Perjuangan, partai pengusung Ganjar-Mahfud. Di basis PDI Perjuangan lain pun, seperti Bali dan Jawa Tengah, Prabowo-Gibran menang. Meski tidak menang di situ, data menunjukkan, suara tertinggi Ganjar-Mahfud ada di Bali (42,04%).

Di sisi lain, Prabowo-Gibran mendapat keunggulan paling tipis di Jakarta, provinsi yang pernah dipimpin Anies Baswedan. Prabowo-Gibran dapat 41,67%, sementara Anies-Muhaimin dapat 41,07%. Selisihnya cuma 0,59%.

Melihat Lebih Dalam

Di peta hasil Pilpres 2024 level provinsi, memang tidak ada wilayah "merah" alias yang dimenangkan Ganjar-Mahfud. Tapi, kalau melihat lebih dalam hingga level kabupaten/kota, kita akan menemukan wilayah merah itu.

Beberapa kabupaten/kota di provinsi PDI Perjuangan punya suara kuat berhasil dikuasai Ganjar-Mahfud. Di Jawa Tengah, Ganjar-Mahfud menang di Boyolali dan Wonogiri. Di Bali dan Nusa Tenggara Timur, paslon bernomor urut 3 menang di Tabanan dan Sabu Raijua. Ganjar-Mahfud juga memperoleh kemenangan di beberapa daerah Tanah Papua: Sorong, Sorong Selatan, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Mamberamo Raya, Paniai, dan Asmat.

Begitu pula Anies-Muhaimin. Paslon dari Koalisi Perubahan ini menyabet kemenangan di Kuningan, tempat lahir Anies. Anies-Muhaimin juga unggul di daerah Madura (Sampang dan Pamekasan), tempat lahir Mahfud MD yang di dua Pilpres sebelumnya dimenangkan Prabowo.

Sisanya, Anies-Muhaimin unggul di dua daerah Anies memperoleh suara kuat ketika nyalon di Pilkada Jakarta 2017: Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Lalu, paslon ini menang di Kota Pekanbaru (Riau), Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara (Kalimantan Selatan), dan Sinjai (Sulawesi Selatan).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR