Zomato Hentikan Layanan di Indonesia dan Ucapkan Selamat Tinggal melalui Situsnya

10 Feb 2023 15:02 WIB

thumbnail-article

Logo perusahaan pengiriman makanan India Zomato terlihat pada aplikasinya di ponsel yang ditampilkan di depan situs web perusahaannya dalam gambar ilustrasi yang diambil 14 Juli 2021. REUTERS/Florence Lo

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Zomato resmi menutup layanan di Indonesia per Februari 2023. Aplikasi direktori restoran dan referensi tempat makanan ini tidak lagi bisa memberi referensi tempat makanan enak di Indonesia. 

Aplikasi Zomato masih bisa diunduh melalui Google Play Store, walaupun sudah tidak bisa menampilkan rekomendasi makanan enak di Indonesia.

Melalui website-nya, zomato.com, tampilan layarnya sudah memberikan salam perpisahan kepada penggunanya di Indonesia. 

Good bye Jakarta! Ini merupakan perjalanan hebat. Sayangnya, kami telah menghentikan operasi kami di sini. Anda masih bisa menjelajahi restoran dan memesan makanan yang luar biasa di Zomato di India dan UEA!” tulis Zomato di laman webnya.

Hingga kini, pihak Zomato belum memberikan alasan mengapa mereka menutup layanannya di Indonesia, termasuk sejak kapan mereka menghentikan operasionalnya di Indonesia.

Tutup kantor sejak 2020

Sebelum akhirnya menghentikan operasionalnya di Indonesia, Zomato sudah terlebih dulu menutup kantornya di Indonesia. Penutupan kantor ini dilakukan pada 30 November 2020.

Zomato mengungkapkan bahwa pihaknya menutup kantor di Indonesia sebagai salah satu strategi pasar untuk menyesuaikan dengan visi jangka panjangnya.

Walaupun kantornya tutup, tapi Zomato masih dikendalikan langsung dari India dan tetap melayani pencarian dan penemuan restoran di Indonesia. 

Zomato juga menginformasikan melalui media sosial Twitter bahwa pihaknya akan melakukan refund dana pengguna Zomato Pro dan Zomato Gold. Refund ini dilakukan dalam 15-30 hari kerja. 

Fakta tentang Zomato

Zomato merupakan aplikasi yang membantu mencari dan merekomendasikan tempat makan. Aplikasi tersebut didirikan tahun 2008 di India dengan nama awal Foodie Bay. Tahun 2010, barulah layanan ini berganti nama menjadi Zomato.

Zomato membuka layanannya di 24 negara di antaranya Indonesia, Australia, Brazil, hingga Amerika Serikat. Penggunanya mencapai 120 juta setiap bulannya.

Menurut Companies Market Cap, Zomato termasuk dalam empat perusahaan pengiriman makanan dengan kapitalisasi pasar terbesar per 27 April 2022. 

Perusahaan tersebut di antaranya adalah DoorDash, Grab Holdings, Delivery Hero, Zomato, HelloFresh, Just Eat Takeaway, Jubilant FoodWorks, dan Olo.

Pada 2015 dan 2017, Zomato sempat mengalami peretasan walaupun berhasil diselesaikan dengan cepat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER