Belajar Makna Bismillah: Kata untuk Memulai Segalanya

12 Maret 2024 19:03 WIB

Narasi TV

Shihab & Shihab | Narasi

Penulis: Revi Ekta

Editor: Soni Triantoro

Ramadhan tiba, Ramadhan tiba, Ramadhan tiba

Marhaban ya Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan

Setuju enggak kalau lagu karya Opick berjudul ''Ramadhan Tiba'' ini jadi salah satu langganan pengingat datangnya bulan suci Ramadhan? Hati pun bersuka cita menyambut bulan keberkahan ini. 

Selain lagunya Opick, Shihab & Shihab juga kembali hadir setiap hari untuk mengajak Kamu memperdalam lagi agama. Berbeda dari tahun sebelumnya yang mengangkat tema besar ''Meneladani Kisah-Kisah para Nabi'', tahun ini Shihab & Shihab secara spesifik akan rutin membahas  ''Kosakata dalam Keagamaan''.

Sebagai pembuka, kita akan mulai mempelajari kosakata Bismillah. Saat hendak membaca Al-Qur’an, kita membaca Bismillah. Saat hendak makan, kita membaca Bismillah. Saat hendak berpergian atau belajar kita juga membaca Bismillah dan masih banyak aktivitas sehari-hari yang sering kita mulai dengan membaca Bismillah.

Namun, seperti apa maknanya? 

Kata Bismillah atau Bismillahi Rahmani Rahim secara harfiah memiliki arti ‘Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’. Saat mengucap kalimat tersebut sebelum memulai setiap aktivitas, artinya kita telah memohon rahmat dari Allah SWT, sehingga apa yang kita kerjakan bisa bermanfaat, memperoleh kelancaran sekaligus kemudahan. 

Bismillah itu melahirkan kesadaran tentang kuasa Allah, melahirkan kesadaran tentang rahmat Allah, yang apabila kesadaran itu ada, akan melimpah apa yang di dalam hati terhadap apa yang kita lakukan,” ucap Quraish Shihab. 

Dalam Bismillah, potongan kalimat ‘Dengan menyebut nama Allah…’ artinya dalam benak kita ada sesuatu yang sedang kita pikirkan atau kehendaki.

Lalu, mengapa ada kata ‘menyebut nama Allah’? Karena dengan kita menyebut nama Allah, maka kita sebagai umat-Nya berharap dapat meneladani sifat-sifat baik Allah SWT dan mendapat ganjaran di hari kemudian. 

Selain itu, terdapat juga kata ‘Ar Rahman’ dan ‘Ar Rahim’ yang berarti pengasih dan penyayang. Ar Rahman itu merujuk ke Allah SWT yang memang senang mengasihi siapa pun di bumi baik itu umat muslim, non muslim, hewan, binatang dan sebagainya yang bersifat sementara di dunia. Sedangkan Ar Rahim merupakan sebuah kemantapan dan itu berada hingga di akhirat. 

“Yang membaca Rahman itu harus merasakan bahwa Allah memberi rahmat kepada semua sehingga ia meneladani Allah, memberi rahmat walaupun kepada orang-orang yang durhaka,” jelas Quraish Shihab. 

Mengucap Bismillah atau pun Bismillahi Rahmani Rahim saat mulai mengerjakan aktivitas ternyata sudah diajarkan oleh para nabi sejak zaman Nabi Sulaiman AS bahkan Nabi Nuh AS.

Dahulu Nabi Nuh AS mengucap Bismillah setelah selesai membuat perahu. Ia juga tak lupa mengucap Bismillah kembali saat perahu besarnya hendak berangkat menerjang banjir bandang bersama umatnya. Sama halnya juga dengan Nabi Sulaiman yang menuliskan Bismillahi Rahmani Rahim tatkala menulis pembukaan suratnya kepada Ratu Balqis. 

Kira-kira ada enggak dari kalian yang nulis Bismillah di awal chat ke keluarga atau sahabat? 

Sebagai manusia yang tidak sempurna, rasanya wajar bila kita kerap lupa mengucap Bismillah atau Bismillahi Rahmani Rahim sesaat sebelum melakukan sesuatu. Nah kita tidak perlu cemas, karena nabi telah mengajarkan bahwa kita dapat menggantinya dengan kalimat, “Bismillah awwalahu wa akhirahu”  yang artinya ‘dengan menyebut nama Allah di awalan dan akhiran’.

Nah untuk itu tidak ada lagi alasan untuk tidak mengucap Bismillah atau Bismillahi Rahmani Rahim ya sebelum melakukan aktivitas. Kita tidak perlu resah pula bila lupa mengucapkannya di awal karena nabi telah mengajarkan untuk mengucap kalimat lain sebagai gantinya. 

Terus saksikan Shihab & Shihab di Indosiar dan Video.com selama bulan suci Ramadhan, karena akan ada banyak sekali ilmu-ilmu tentang kosakata dalam keagamaan yang bisa kita pelajari dan maknai dalam kehidupan sehari-hari. 

Selamat dan semangat berpuasa semua, bismillah ya puasa tinggal 29 hari lagi, hehe…

#ShihabnShihab #Bismillah #Bismillahirahmanirahim #Ramadhan 




NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR