Ramadan Youth Muslim Ajak Temukan Tujuan dan Tak Lupa Zakat

15 April 2023 18:04 WIB

Narasi TV

Program Shihab & Shihab spesial dalam Ramadan Youth Muslim oleh Narasi berlangsung di Urban Youth Forest, Cipete pada 15 April 2023/Narasi

Penulis: Raina Geno

Editor: Frendy Kurniawan

Event menarik sekaligus ajang ngabuburit puasa bareng, Ramadan Youth Muslim oleh Narasi berlangsung di Urban Youth Forest, Cipete pada 15 April 2023.

Acara dibuka dengan Kajian Ngabuburit berupa talkshow ringan bertajuk ‘Youth Creative Empowerment’, yang membahas isu keresahan anak muda dalam menghadapi berbagai tantangan di masa kini.

Sesi talkshow ini dibuka dengan sharing dan cerita dari Haydira Prili Ananza, seorang content creator self development, yang juga merupakan mahasiswa Psikologi Universitas Indonesia, serta aktif dalam organisasi pengembangan dan pemberdayaan Girl Up UI. 

Haydira menyampaikan pentingnya anak-anak muda untuk mampu menemukan rasa kepercayaan diri dalam kehidupan.

“Sebenernya, nentuin foundation paling dasar adalah purpose-nya, enggak bisa semata-mata cuma buat aku doang, karena nantinya banyak kekecewaan-kekecewaan lain, ketika aku tahu purpose-nya, ini maknanya lebih besar,” ucapnya.

Selain itu, Haydira juga menekankan pentingnya kita semua punya tujuan hidup yang kuat. Tujuan dalam hidup ini tidak melulu soal materi atau uang.

“Kalau udah dijalanin uangnya ga matters, kalau kalian bikin purpose yang lebih bigger, yang lebih bermakna, lebih bermakna juga hasilnya,” lanjutnya.

Senada dengan Haydira, ada cerita dan pengalaman dari Aditya Siregar, digital creator yang berfokus di bidang sastra seperti buku dan puisi. Aditya pun menegaskan bahwa anak-anak muda mesti tahu arti pentingnya punya tujuan dalam hidup.

“Ya lo mau ngapain? Fokusnya ngapain? Tujuannya ke mana? biar nanti ketemu jalannya” ucapnya

Fokus pada tujuan hidup ini menurutnya penting agar apa saja yang kita buat atau kerjakan tidak semata-mata untuk mengisi aktivitas atau kesenangan belaka. 

“Fokusnya mau kemana? Kalau kita cuma pengen dapet hormon senang aja, itu ga cukup. Makanya kita harus punya tujuan.” 

Shihab & Shihab Special

Dalam event Ramadan Youth Muslim oleh Narasi ini program Shihab & Shihab spesial yang berlangsung secara live.

Hadir dalam acara, Najwa Shihab bersama Quraish Shihab, juga Herry Gunardi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI), yang berbincang bersama membahas topik kecemasan, kebingungan, dan ketakutan generasi muda muslim, dalam menjalani praktik hidup dengan nilai-nilai islamiyah.

Salah satu praktik yang sedang populer adalah keuangan syariah. Herry Gunardi menyampaikan bahwa selama ini, masih banyak kesalahpahaman di masyarakat terkait dengan bisnis dan keuangan syariah.

“Selama ini masyarakat melihat bank syariah (itu) hanya untuk masyarakat muslim, (sebenarnya) tidak ya,” ujarnya.

“Sebenarnya (siapapun) nasabah ini tidak dibeda-bedakan, siapa saja yang ingin, sejalan dengan bisnis model syariah, (ya silahkan)” lanjutnya.

Sementara itu, Abi, sapaan hangat Quraish Shihab, memberikan pemamahan bahwa praktik laku perbankan syariah yang dapat membantu tabungan investasi di akhirat.

“Bank syariah itu ada untung atau tidak untung, anda sudah berbisnis dengan Tuhan. Bisnis dengan Tuhan hubungannya tingkat tinggi, (mirip dengan) hubungan ibu dengan anaknya, itu cinta, tidak ada bisnis,” ujarnya.

Mengingat adanya momen bulan Ramadhan, Abi juga berpesan agar umat muslim benar-benar rajin dalam melaksanakan zakat, infaq, dan sedekah.

“Infaq itu kalau dari segi bahasa, pada mulanya beraeti sesuatu yang dikeluarkan sehingga infaq itu pengeluaran, apa pun yang anda keluarkan itu namanya infaq. Infaq juga artinya tersembunyi,” terang Abi.

Sesi Shihab & Shihab spesial ini direspons dengan baik oleh audiens yang hadir dengan antusiasme tinggi untuk bertanya kepada Abi ataupun Henry Gunardi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR