Tabarakallah: Ketika Berkat Allah SWT Terasa Berlimpah

19 Maret 2024 18:03 WIB

Narasi TV

Tabarakallah: Ketika Berkat Allah SWT Terasa Berlimpah

Penulis: Revi Ekta

Editor: Soni Triantoro

Hey…panggilan kepada generasi yang sering nulis atau ngucap atau pake sticker Masya Allah Tabarakallah di media sosialnya, coba absen sini!” 

Sering banget kan ya kita lihat kalimat Masya Allah Tabarakallah berseliweran di sekitar kita. Sebenarnya apa sih maknanya? Sudah pas belum penggunaannya? Nah kalau di pembahasan sebelumnya sudah diulas mengenai Masya Allah, sekarang mari bahas tentang Tabarakallah

Jadi menurut Quraish Shihab kata Tabarakallah  berangkat dari kata ‘berkat’ atau ‘berkah’ dalam bahasa Indonesia yang berarti langgeng. Sesuatu hal yang positif dan banyak serta terjadi di luar kebiasaan. Tabarakallah bisa dimaknai sebagai berkat dari Allah SWT yang membawa kebaikan bagi kehidupan. 

Misalnya saja disajikan sebuah makanan yang jumlah sebenarnya hanya untuk 10 orang, namun setelah disantap bersama, cukup untuk dimakan oleh 15 orang, semua kebagian dan semua kenyang, maka di situ lah ada keberkahan. Lain halnya apabila ada seseorang yang gajinya besar, tapi selalu habis untuk keperluan-keperluan yang tidak bermanfaat, maka tidak ada keberkahan dalam rezekinya itu.  

Maka apabila kalimat Masya Allah dibarengi dengan Tabarakallah, diperoleh makna kesyukuran terhadap sesuatu yang indah ditambah dengan keberkahan dari Tuhan. 

Keberkahan dari Allah SWT ini juga bisa diperoleh pasangan suami-istri, pada kehidupan sehari-hari, terdapat doa yang bisa diamalkan oleh pasangan suami - istri, berikut ini:

بَارَكَ اللهُ لَكُماَ وَبَارَكَ عَلَيْكُماَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma fi khair

Mari kita bedah lebih jauh maknanya doa ini.  Menurut Quraish Shihab kalimat ‘Barakallahu lakuma’ dapat dimaknai semoga Allah memberkati kamu dalam pasanganmu. Ada juga yang memberi makna semoga Allah memberkati kamu dalam urusan keduniaanmu. Sedangkan kalimat ‘wa baraka ‘alaikuma’ dimaksudkan dalam urusan spiritual di kehidupan berumah tangga. Secara garis besar, doa ini berisi permohonan agar pasangan suami dan istri mendapat berkat dari Allah SWT, semoga segala kebutuhan baik material, spiritual maupun duniawi dapat terwujud dengan dibarengi keberkahan dari Tuhan. 

Salah satu cara agar mendapat keberkahan, kita juga bisa mengucap kata ‘mubarak’ tentu di sini berarti harapan adanya keberkahan dari Tuhan meskipun rezeki yang diperoleh sedikit. Rezeki yang dimaksud di sini tidak hanya berupa benda, tapi bisa juga ilmu, kemampuan dan lain-lain. 

Itulah ulasan mengenai Tabarakallah, salah satu  kosakata dalam keagamaan. Kamu juga bisa pelajari lebih banyak kosakata dalam keagamaan lainnya seperti Subhanallah, Masya Allah, Allahu Akbar, Ta’aruf, dan masih banyak lagi dengan menyaksikan Shihab & Shihab setiap hari jelang berbuka puasa selama bulan Ramadan  hanya di Indosiar dan Vidio.com.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR