Arti Petani Kala Pandemi: Yang Bisa Kita Bantu

Pandemi yang terjadi beberapa bulan belakangan ini telah menghantam semua lini, termasuk di sektor pertanian, salah satu sektor yang seharusnya pertama kali diselamatkan. Belum lagi, ketergantungan petani terhadap peran distributor, seperti tengkulak menjadi masalah yang tak kunjung usai. Masih banyak petani yang kebingungan untuk menyalurkan hasil taninya. 

Padahal, petani bukan hanya garda depan namun juga profesi tunggal ketahanan pangan. Upaya menjaga kemandirian dan ketahanan pangan tak bisa dilakukan sendiri oleh petani. Ketersediaan pangan adalah kebutuhan bersama, maka itulah harus dijaga bersama. 

Mari #DukungPetaniIndonesia untuk lebih memberi perhatian kepada profesi petani, sehingga bukan lagi terkesan profesi "tua" dan tidak bermasa depan. Supaya anak muda tidak berpikir beratus kali untuk menjadi petani. 

Petani menjadi tumpuan harapan bagi penyediaan pangan. Bung Karno mengatakan soal pangan adalah soal hidup dan matinya suatu bangsa. Kunci kesejahteraan saka guru pangan tak lain dan tak bukan, petani.

Konten ini merupakan kolaborasi Narasi dan @bangowarisankuliner

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER