Jadi, Kamu Tim Ganjar atau Tim Puan?

Mulai Maret 2022 KPU sudah akan memulai tahapan Pemilu 2024. Partai-partai sudah ambil kuda-kuda. Artinya apa? Coblos-coblosan dan selfie jari ungunya memang masih tiga tahun lagi, tapi drama-dramanya sudah dimulai dari sekarang.

Salah satu suguhan pembukanya baru saja kita icip-icip, Puan Maharani versus Ganjar Pranowo di PDI Perjuangan. Ramai beredar di percakapan publik dan media, gara-gara Puan terang-terangan tak mengundang Ganjar ke acaranya di Semarang. Padahal itu acara koordinasi untuk para kader dan kepala daerah PDI Perjuangan di Jawa Tengah, provinsi di mana Ganjar adalah gubernurnya.

Datang bertandang tanpa mengundang. Banyak pihak menafsirkan ini sebagai teguran terhadap Ganjar. Atau, ya, bisa juga kekhawatiran akan elektabilitas Ganjar yang menjulang di berbagai survei calon presiden.

Mari anteng saja melihat pameran dan peperangan elite. Wong memang segitu aja peran kita, enggak lebih. Jadikan saja bahan obrolan di sela makan-makan, bekal jadi pengamat politik dadakan, sambil mencatat dan membandingkan. Dari pilihan yang tampaknya akan terbatas, mana yang paling pantas?

Mari manfaatkan saja hari-hari ini untuk memonitor, mencatat dan nantinya menagih pembuktian. Kapan lagi kan kita didengarkan kalau bukan saat mereka ada kepentingan?

Oke, jadi kamu tim Ganjar atau tim Puan?

#catatannajwa #Narasi #jadipaham

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER