Hackathon UNESCO 2023: Ajang Inovasi #SocialMedia4Peace untuk Pemilu Bebas Hoax di Indonesia

5 Dec 2023 17:12 WIB

thumbnail-article

Kompetisi Hackathon 2023, bertajuk Hacking4HoaxFreeElections, proyek proyek #SocialMedia4Peace dari UNESCO.

Penulis: Inforial

Editor: Inforial

Indonesia, yang akan menyelenggarakan pemilu serentak dalam tiga bulan lagi, jelas menghadapi tantangan besar berupa penyebaran disinformasi dan ujaran kebencian. Ancaman ini sangat berpengaruh terhadap pemilih muda yang jumlahnya meningkat setiap tahunnya.

Nakara Foundation, bekerja sama dengan UNESCO dan didukung oleh Uni Eropa dalam proyek #SocialMedia4Peace, mengadakan Kompetisi Hackathon 2023, bertajuk Hacking4HoaxFreeElections. Menurut Melanie Agustine dari Nakara Foundation, tujuan utamanya adalah membekali mahasiswa dan kalangan media dengan keterampilan untuk mengidentifikasi dan menangani konten online berbahaya.

“Adanya kompetisi itu, untuk membekali kalangan mahasiswa dan media untuk dapat menavigasi konten online yang berbahaya” ujar Melanie.

Poster Kompetisi Hackathon 2023, bertajuk Hacking4HoaxFreeElections.
Poster Kompetisi Hackathon 2023, bertajuk Hacking4HoaxFreeElections.

 

Kompetisi ini mengundang tim beranggotakan lima orang dari kalangan mahasiswa dan media untuk mengembangkan solusi digital kreatif dan inovatif guna mengatasi penyebaran hoax dan ujaran kebencian selama pemilu. Peserta dapat menciptakan berbagai inovasi, mulai dari games interaktif, aplikasi, hingga situs web.

Pemenang hackathon akan menerima dana pengembangan senilai total Rp200.000.000 dan peluang mentoring oleh pakar di bidangnya. 

Proposal dan video presentasi dapat dikirimkan hingga 8 Desember 2023. Pendaftaran tim dilakukan di https://bit.ly/Hackathon2023Reg.

Informasi lebih detil tersedia di nakara.odoo.com/hackathon2023 atau melalui email ke [email protected].

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER