Ini Cara Kelola Keuangan Jelang Musim Liburan, Agar Tak Ganggu Kantong Finansial

6 Oct 2023 12:10 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi orang travelling. Foto: Pexels

Penulis: Advertorial

Editor: Advertorial

Musim liburan akhir tahun segera tiba, dan bagi Anda yang senang berwisata atau hanya ingin bersantai, mungkin sudah mulai mempertimbangkan dan merencanakan perjalanan, bukan?

Kegiatan traveling, menonton konser, dan wisata ke luar negeri adalah impian banyak orang. Namun, seringkali ada rasa khawatir bahwa rencana-rencana itu akan memberatkan kesehatan finansial. Banyak orang jadi impulsif gara-gara tak direncanakan dengan baik. 

Beberapa orang seringkali berangkat dari tips-tips sederhana untuk menikmati semua kegiatan liburan tanpa merasa terlalu berat bagi dompet.

Pertama, buatlah anggaran yang jelas. Sebelum memulai perjalanan atau membeli tiket konser, tentukan berapa banyak uang yang siap dialokasikan untuk kegiatan tersebut. 

Dengan memiliki anggaran yang tepat, dapat menghindari pengeluaran berlebihan dan tetap menjaga kesehatan finansial. Selain itu, coba mencari tawaran diskon atau promosi yang dapat membantu menghemat uang, seperti paket liburan atau tiket konser early bird.

Kedua, pertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis. Jika ingin menghemat uang saat liburan, pertimbangkan untuk memilih destinasi yang lebih terjangkau atau mencari akomodasi yang lebih ekonomis, seperti hostel.  Demikian pula, untuk konser, pertimbangkan untuk menonton artis favorit di tempat yang lebih kecil dan terjangkau daripada stadion besar. Jangan ragu untuk mengeksplorasi opsi transportasi yang lebih murah, seperti transportasi umum, jika berencana untuk berjalan-jalan di luar negeri.

Laporan dari OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 mencatat ada sebanyak 35% yang pernah melakukan pengeluaran yang impulsif (seperti nonton konser) dan 35% diantaranya bahkan menggunakan dana darurat, lho. 

Jika dibiarkan, hal ini tentunya bisa menghambat proses-mu mencapai impian. Untuk itu, kita perlu menentukan prioritas dan membuat rencana keuangan yang bijak. Bagaimana caranya?

  1. Tentukan Goals yang diinginkan. Kenali dan pahami goals atau tujuan yang ingin diwujudkan secara rinci. Misal keinginan financial freedom di hari tua, membeli rumah di usia muda, atau traveling keliling dunia beserta perhitungan dana yang perlu disiapkan untuk bisa mencapainya. Dengan begitu, akan mudah untuk memantau dekat jauhnya kita dengan tujuan yang diinginkan.
  2. Konsisten saat menjalani proses capai tujuan. Niat dan usaha yang konsisten dalam merealisasikan sebuah mimpi diperlukan untuk mendorong kita semakin dekat dengan goals yang ingin dicapai. Sama halnya ketika ingin membeli sebuah mobil, maka mengumpulkan dana dari pemasukan menjadi salah satu hal yang dibutuhkan. Atau mungkin kamu juga bisa mencoba berbagai produk investasi yang bisa menawarkan keuntungan lebih. Agar mobil tersebut bisa lebih cepat dimiliki.
  3. NYALA-kan fitur Life Goals untuk raih tujuan lebih mudah! Fitur Life Goals di ONe Mobile berikan kemudahan dalam mengelola dan menjaga Kesehatan finansial saat akan raih Life Goals-mu melalui investasi sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan.

Fitur ini bisa dijadikan andalan karena menawarkan berbagai keunggulan, seperti :

  • Pilih Life Goals & Hitung Kebutuhan Dana. Pilih life goals sesuai yang kamu inginkan : edukasi, pensiun, wisata religi, liburan, menikah. Lalu simulasikan kebutuhan dana sesuai jangka waktu menabung.
  • Beli atau Hubungkan Produk dengan Life Goals. Beli produk dan investasi yang sesuai untuk mewujudkan Life Goalsmu.
  • Tracking Progress. Pantau seberapa dekat kesiapan dana kamu dengan Life Goalsmu.
  • Financial Advisor. Diskusikan perencanaan Life Goals-mu dengan Financial Advisor. Buat jadwal diskusi sekarang di sini

Jadi, apalagi yang kamu cari? Segera raih goals-mu melalui fitur Life Goals di ONe Mobile dan jadi #FinanciallyFIT! 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER