Kemegahan Konser U2 di Las Vegas, Venue Diselimuti Jutaan Layar LED

3 Oktober 2023 19:10 WIB

Narasi TV

Kemegahan Konser U2 di Las Vegas. Sumber: rollingstone.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Band rock asal Inggris, U2, baru saja menyelenggarakan konser di Las Vegas Sphere. Venue berbentuk kubah itu mencuri perhatian karena tampilannya yang megah dengan permainan visual LED yang memukau. 

Sphere yang terletak di The Venetian Resort merupakan salah satu bangunan paling ikonik di Las Vegas. Pada siang hari, Sphere terlihat seperti kubah hitam raksasa. 

Pemandangan itu berubah pada malam hari saat eksterior bangunan mulai menampilkan visual yang memukau lewat jutaan layar LED.

Bangunan bulat dengan layar terbesar

Las Vegas Sphere memiliki tinggi 111,5 meter dan diameter 157,2 meter. Bentuk bangunan ini lebih besar dari kubah tetapi juga tidak bulat sempurna, lebih tampak seperti bola besar yang menonjol dari tanah. 

Sphere disebut sebagai struktur bulat terbesar di dunia, bahkan lebih besar dari Avicii Arena di Swedia yang berdiameter 110 meter. 

Bangunan Sphere juga merupakan salah satu layar terbesar di dunia dengan tampilan visual yang dapat dilihat dalam jarak beberapa kilometer. 

Selain di luar bangunan, interior Sphere juga dihiasi layar LED dengan resolusi 16K yang selalu menyala dan berubah. Terdapat sebuah teater konser di dalam Sphere dengan kapasitas 18.500 kursi yang dapat menampung hingga 20.000 penonton berdiri.

Bangunan Sphere digagas oleh James Dolan, pebisnis yang saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer dari Madison Square Garden Sports dan Madison Square Garden Entertainment serta pemimpin eksekutif dari MSG Networks.

Untuk mewujudkan visinya membuat bangunan megah yang diselimuti layar LED, James menghabiskan dana sebesar 2,3 miliar dolar AS.

Sphere ‘milik’ U2

Penampilan U2 di Sphere kemarin turut dimeriahkan dengan visual yang menakjubkan. Saat lagu “The Fly” dimainkan, layar LED menampilkan teks yang berubah menjadi terowongan memanjang hingga ke langit. 

Sepanjang dua jam konser, layar terus menampilkan visual mengundang decak kagum dari para penonton. Bono dkk seolah menyatu dengan panggung yang megah dan latar yang mewah, sehingga venue itu seolah menjadi ‘milik’ U2.

U2 dikenal sebagai band yang kerap bereksperimen dengan estetika dan memasukkan unsur futuristik dalam presentasi visualnya. 

Konser yang digelar di Sphere pun menjadi sangat cocok dengan konsep yang diusung oleh U2. Band itu berhasil mengeksplorasi potensi venue sesuai dengan visi mereka. 

Di penghujung konser, Bono menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada James Dolan yang berhasil mewujudkan idenya melalui Las Vegas Sphere.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR