10 Negara Terkecil di Dunia, Salah Satunya Tidak Sampai 1.000 Penduduk

19 Mar 2023 13:03 WIB

thumbnail-article

Basilika Santo Petrus sebagai icon negara Vatikan. Sumber: Pexel.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Mengetahui adanya negara terbesar di dunia tentu akan memunculkan rasa penasaran untuk mengetahui  apa saja negara terkecil di dunia. Informasi mengenai negara terbesar di dunia menjadi salah satu hal yang cukup banyak dicari oleh pengguna media.

Tapi tahukah Anda terdapat 10 negara terkecil di dunia? Bahkan salah satu negara terkecil di dunia tersebut memiliki penduduk kurang dari 1.000 jiwa. Lalu, negara apa sajakah yang terkecil di dunia? Simak informasi mengenai 10 negara terkecil di dunia:

  1. Vatikan

Negara Vatikan menjadi negara terkecil di dunia dengan hanya memiliki luas wilayahnya hanya 400 m² dan jumlah populasinya kurang dari 1.000 orang. Negara ini berada di dalam kota Roma, Italia, sekaligus menjadi negara terkecil di Eropa.

  1. Monako

Berikutnya ada negara Monaco. Negara ini hanya memiliki luas berkisar 2,02 km² saja, namun populasi negara ini cukup padat yaitu mencapai 36.686 orang.

  1. Nauru

Nauru merupakan negara kepulauan di Mikronesia yang terletak di Pasifik Tengah memiliki luas 21,1 km² dengan populasi mencapai 12.511 orang.

  1. Tuvalu

Tuvalu merupakan negara terkecil berikutnya yang memiliki luas wilayah 26 km² dengan jumlah populasi penduduk 11.204 orang. Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice.

  1. San Marino

San Marino memiliki luas wilayahnya berkisar 61,2 km² dengan populasi padat mencapai 33.745 orang.

  1. Liechtenstein

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 160,5 km² dengan jumlah populasi berkisar 39.039 orang.

  1. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall memiliki luas negara berkisar 181,4 km² dan jumlah penduduk saat ini mencapai 42.050 orang. Negara ini terletak di Samudra Pasifik.

  1. Kepulauan Cook

Kepulauan Cook adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan yang memiliki luas berkisar 241,7 km² dengan jumlah penduduk 8.128 orang.

  1. Saint Kitts & Nevis

Saint Kitts & Nevis memiliki luas wilayah berkisar 261 km². Negara ini juga menjadi terkecil di benua Amerika.

  1. Maladewa

Maladewa menjadi negara terkecil di Asia yang terletak di Samudra Hindia. Luas wilayah negara ini hanya berkisar 300 km². Negara ini menjadi negara yang banyak dikunjungi karena keindahannya.

Demikian informasi seputar 10 negara terkecil di dunia yang bisa Anda pelajari untuk menambah wawasan sosial Anda.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER