Keterangan Menteri Basuki Terkait Anggaran 100 Miliar untuk Renovasi Stadion Piala Dunia U-17

11 Agustus 2023 09:08 WIB

Narasi TV

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, telah mengklarifikasi mengenai anggaran yang dialokasikan untuk renovasi stadion dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Dalam penjelasannya, Basuki mengatakan bahwa dana yang disediakan untuk renovasi stadion tersebut tidak akan melebihi angka Rp100 miliar.

Pernyataan ini diberikan oleh Basuki setelah mengadakan rapat dengan pihak terkait sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023, yang berlangsung di Kementerian PUPR, Jakarta, pada Rabu (09/08/2023).

Sebagai bagian dari persiapan, lokasi pertandingan sudah disetujui oleh PSSI, Kemenpora, dan Kementerian PUPR, yang mencakup Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

FIFA juga telah melakukan peninjauan terhadap sejumlah stadion, termasuk Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Menanggapi pertanyaan tentang anggaran, Basuki menjelaskan bahwa angka tersebut merupakan estimasi dana renovasi yang tidak terlalu besar, mengingat fokus utama adalah untuk memastikan kesiapan stadion dalam waktu yang singkat.

"Kalau yg ini kan empat tadi cuma renovasi. Itu nggak terlalu besar. Ini karena butuh cepat kira kira nggak lebih dari 100 miliar," ujar Basuki.

Selain pertimbangan anggaran, pelaksanaan renovasi juga dihadapkan pada tantangan waktu yang sempit, terutama mengingat pendekatan hari pertandingan yang semakin mendekat.

Segera renovasi JIS

Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menegaskan urgensi dari proses perbaikan dan renovasi, khususnya terkait Jakarta International Stadium.

"Segera [renovasi di JIS], tinggal 93 hari, besok udah 90-an. Jadi makin cepat makin bagus. Jakpro sudah berjalan ya," kata Heru soal perbaikan JIS.

FIFA juga akan melanjutkan penilaian mereka terhadap kesiapan venue Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Pada tanggal 26 Agustus mendatang, FIFA dijadwalkan akan kembali untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan bahwa stadion-stadion yang direnovasi telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam persiapan menjelang turnamen bergengsi tersebut.

Dalam pengumumannya, FIFA telah resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023.

Melalui rapat Dewan yang diadakan di Zurich, Swiss, pada Jumat (23/06/2023), Indonesia diberi kehormatan untuk menyelenggarakan turnamen prestisius ini.

Dengan penunjukan ini, Timnas Indonesia U-17 diperhitungkan sebagai salah satu dari 24 tim peserta yang akan berkompetisi dalam Piala Dunia U-17.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR