12 Lembaga Penyedia Beasiswa S2 yang Wajib Kamu Ketahui

20 Dec 2022 19:12 WIB

thumbnail-article

Beasiswa S2 dalam dan luar negeri. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Melanjutkan studi S2 menjadi salah satu impian banyak orang. Selain menambah ilmu, kamu juga memiliki peluang luas untuk lapangan pekerjaan ke depannya. Maka tak jarang banyak orang yang mencari info beasiswa S2 di banyak bidang.

Saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan beasiswa baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Semua tergantung pilihan dan minatmu ingin melanjutkan ke mana. Berikut adalah informasi terbaru lembaga penyedia beasiswa studi S2.

6 Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Luar Negeri

 

LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menjadi salah satu lembaga beasiswa yang cukup banyak peminatnya. Lembaga beasiswa yang berada di bawah Kementerian Keuangan ini memberikan kesempatan Pendidikan kepada insan terbaik bangsa.

Tahun 2023 LPDP mengalokasikan anggaran program beasiswa untuk sebanyak 3.256 mahasiswa. Sebelum mendaftarkan diri siapkan dulu formulir dan beberapa dokumen pendukung seperti Ijazah, sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan lain-lain tergantung jalur apa yang hendak kamu tempuh. 

Untuk info lebih lanjut kamu bisa mengakses website resmi LPDP Kemenkeu (https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id./index.php/site/login)



Australia Awards 

Australia Awards diberikan oleh pemerintah Australia untuk warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke negeri Kangguru tersebut. Beasiswa ini menjadi incaran banyak orang mengingat persyaratan akademiknya tidak begitu sulit , kamu hanya perlu nilai IPK minimal 2,9 dan sertifikat IELTS 5,5

Australia Awards memberikan  fasilitas beasiswa penuh seperti akomodasi, tiket keberangkatan, biaya kuliah dan juga pelatihan beasiswa  bahasa Inggris sebelum berangkat. Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa s2 di Australia Awards bisa kunjungi laman website resminya  (https://www.australiaawardsindonesia.org/ ) atau akun Instagram mereka (https://www.instagram.com/australiaawards/)

 

Fulbright

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Negeri Paman Sam Amerika Serikat, bisa mencoba mengikuti beasiswa Fulbright.

Fulbright merupakan salah satu program beasiswa yang digagas oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation).

Dalam penyeleksian beasiswa ini cukup ketat, karena banyak dokumen penting yang harus kamu siapkan mulai dari studi objective, personal statement, surat referensi dari dosen maupun atasan dan masih banyak lagi.

Sementara terkait IPK kamu harus memiliki minimal 3,00 dan TOEFL ITP dengan skor 550 atau IELTS yang setara. Info lebih lanjut bisa mengunjungi laman Fulbright (https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/fulbright-masters-degree-scholarship/

 

Chevening

Inggris menjadi negara tujuan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2-nya.  Pemerintah Inggris memahami kebutuhan tersebut sehingga mereka memfasilitasinya lewat Chevening.

Sama halnya dengan beasiswa ke Australia Awards, beasiswa S2 ini memiliki persyaratan yang tidak terlalu rumit, misalnya menyelesaikan sarjana dengan minimal upper second class (setara IPK 3,3), memiliki pengalaman kerja, mulai dari volunteer atau magang minimal dua tahun. 

Chevening  memberikan  beasiswa penuh bagi penerimanya, tidak hanya biaya pendidikan namun juga  biaya penerbangan pulang pergi serta akomodasi selama kuliah di Inggris. Info lebih lanjut bisa klik Chevening (https://www.chevening.org/

 

StuNed

Eropa menjadi salah satu incaran banyak mahasiswa untuk melanjutkan studi S2nya. Salah satunya Negara Kincir Angin, Belanda. StuNed merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Belanda baik itu akomodasi hingga biasa kuliah.

Untuk persyaratan dokumentasi kamu hanya perlu melampirkan sertifikat IELTS minimal 6,5 dan juga unconditional LoA (Letter of Acceptance) dari universitas di Belanda serta surat izin dari tempat kerja. StuNed memang diperuntukkan bagi kamu yang sudah bekerja, terutama pekerja profesional yang memiliki pengalaman kerja 3-4 tahun. Tapi tidak semua pekerja bisa mendaftar.

Beasiswa ini tidak diperuntukkan untuk kamu yang bekerja di perusahaan multinasional atau NGO internasional. Untuk syarat dan informasi lengkapnya bisa mengunjungi StuNed (https://www.studyinnl.org/neso-indonesia).

 

AMA Scholarship

Bagi kamu anak seni dan berencana melanjutkan studi S2, AMA Scholarship menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya beasiswa S2 ini diselenggarakan oleh Korean National University of Arts.

AMA Scholarship mendukung pendidikan seni terutama negara berkembang di Asia salah satunya Indonesia. Persyaratannya kamu perlu memiliki sertifikat bahasa Korea (TOPIK) yang disesuaikan dengan program studi yang kamu pilih.

Beasiswa ini memberikan fasilitas dan pembiayaan penuh bagi penerima beasiswa mulai dari uang bulanan, biaya penerbangan, pelatihan bahasa Korea dan juga biaya studi selama di Korea. Untuk informasi lengkapnya bisa mengunjungi laman website (https://www.karts.ac.kr/en/karts/ama.do

 

 

6 Lembaga penyedia beasiswa S2 dalam negeri

LPDP

Lembaga beasiswa di bawah Kementerian Keuangan ini tidak hanya memfasilitasi beasiswa ke luar negeri namun juga bisa kamu gunakan untuk studi di berbagai perguruan tinggi negeri Indonesia.

Terkait persyaratan mengikuti program LPDP untuk beasiswa dalam negeri tidak jauh berbeda dengan pendaftaran luar negeri. Lebih lanjut kamu bisa mengunjungi laman website resmi LPDP (https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/). 

 

Beasiswa Kominfo

Tidak hanya kementerian Keuangan, saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang mau melanjutkan studinya di dalam negeri.

Beasiswa Kominfo tidak hanya diperuntukkan dari kalangan akademisi namun terbuka juga bagi ASN, TNI, POLRI dan juga masyarakat umum dari perusahaan swasta. Info dan persyaratan lebih lanjut bisa mengunjungi laman website Beasiswa Kominfo (https://beasiswa.kominfo.go.id/)

 

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

BUDI atau Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia ini diperuntukkan bagi kamu yang berminat menjadi dosen namun tidak memiliki akses pendidikan ke jenjang pascasarjana.

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia merupakan kerjasama antara DIKTI dan LPDP. Beasiswa ini tidak hanya berfokus pada pendidikan dosen namun juga ada program beasiswa pra magister untuk bidang sains dasar. Info lengkapnya bisa kunjungi laman (https://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/v2/)

 

Beasiswa GSEP 

Beasiswa GSEP ditawarkan oleh sebuah organisasi non-profit bernama Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP) yang peduli terhadap pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia terutama negara berkembang seperti Indonesia.

Beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan bagi kamu yang mau melanjutkan studi tapi bisa juga untuk kamu yang sudah menjadi mahasiswa S2. Informasi lengkapnya klik (https://www.globalelectricity.org/)

 

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Beasiswa satu ini merupakan kerjasama Kementerian Agama dan LPDP yang diperuntukkan bagi lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK)/Ma’had Aly, alumni Program Beasiswa Berprestasi (PBSB), dosen PTK dan Dosen PAI di PTU, guru dan pengawas di lingkungan Kementerian Agama, dan pegawai di lingkungan Kementerian Agama.

saat ini Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) menyedikan 13 program studi pilihan  untuk beasiswa S2 reguler dalam negeri seperti jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Quran Tafsir, Komunikasi dan Penyiran Islam, Hukum Syariah dan masih banyak lagi, informasi lengkapnya bisa mengunjungi laman (https://beasiswa.kemenag.go.id/beasiswa-magister-s2-reguler-dalam-negeri/)

 

Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa S1, namun beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi kamu yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan S2.

Beasiswa ini merupakan kerjasama Kemendikbud bersama LPDP untuk menanggung penuh semua biaya kuliah, pendaftaran dan informasi lengkapnya bisa mengunjungi laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id./ 

Nah, itulah 12 lembaga yang menyediakan beasiswa S2 luar negeri maupun dalam negeri. Pastikan kamu meng-update informasi detail terkait program terkini beasiswa-beasiswa tersebut. Semoga bermanfaat. 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER