13 Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang Beserta Harga Tiket

21 Apr 2023 18:04 WIB

thumbnail-article

Beberapa pengunjung Ketep Pass menyaksikan puncak Gunung Merapi usai terjadi letusan Jumat pagi (Heru Suyitno/Antara)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Rekomendasi tempat wisata di Magelang untuk kamu yang masih bingung ingin jalan-jalan ke mana ketika berada di kabupaten atau kota ini.

Magelang merupakan salah satu kabupaten atau kota yang ada di Jawa Tengah. Wisata yang paling terkenal di daerah ini adalah Candi Borobudur. Apalagi Candi Borobudur termasuk Destinasi Super Prioritas (DSP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki berbagai pilihan destinasi wisata mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner. Simak rekomendasi dan penjelasannya berikut ini!

Tempat wisata pegunungan Magelang

1. Silancur Highland

Wisata Silancur Highland berada di Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan yang indah dan hijaunya pepohonan. Untuk masuk ke destinasi ini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp10.000, tergantung hari berkunjung.

2. Dusun Butuh Kaliangkrik

Orang-orang menyebutnya wisata “Nepal van Java” lantaran mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Di sini, wisatawan bisa menikmati pemandangan gagahnya Gunung Sumbing dari ketinggian 1.620 mdpl. Pada malam hari, kamu bisa melihat hamparan bintang di langit yang cantik.

3. Ketep Pass

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Ketep Pass menjadi salah satu destinasi wisata pegunungan yang paling banyak dikunjungi. Dari atas sini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro yang mengelilingi Magelang. Kamu juga bisa berkunjung ke Museum Volcanologi dan menikmati kuliner di Ketep Pass.

4. Punthuk Setumbu

Bagi yang pernah menonton film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2, pasti kamu tidak asing dengan wisata Punthuk Setumbu. Berada di ketinggian 1.300 mdpl, tidak jauh dari Candi Borobudur. Punthuk Setumbu ini terletak di kawasan Bukit Menoreh dengan pemandangan yang indah. Untuk masuk ke sini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp20.000.

5. Gereja Ayam Bukit Rhema

Tidak jauh dari Punthuk Setumbu, ada destinasi lain bernama Gereja Ayam Bukit Rhema. Disebut gereja ayam karena bentuknya yang menyerupai ayam dan terletak diantara pepohonan rimbun. Lokasi Gereja Ayam Bukit Rhema ini berada di Karangrejo, Borobudur, Magelang. Tiket masuknya mulai dari Rp25.000 per orang.

Tempat wisata air terjun Magelang

6. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar berlokasi di Dusun Citran, Pakis, Magelang. Air terjun ini disebut kembar lantaran memiliki dua aliran air yang bersebelahan. Sebelum menuju ke air terjun ini, kamu akan melewati hutan pinus yang asri sehingga kamu tidak akan merasa kepanasan saat berjalan.

7. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini berada di Nagrong, Sawangan, Kabupaten Magelang. Air terjun Kedung Kayang ini mengalir diantara kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Untuk menikmati pemandangan di Air Terjun Kedung Kayang, kamu bisa bersantai di gardu pandang yang terletak di atas pohon.

8. Air Terjun Sekar Langit

Pernah mendengar legenda Jaka Tarub? Nah, lokasi air terjunnya ada di Air Terjun Sekar Langit, Desa Tlogorejo, Grabag, Magelang. Air terjun setinggi 25 meter ini menawarkan suasana yang sejuk, asri, serta air yang jernih.

Tempat wisata sejarah Magelang

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada zaman Mataram Kuno. Tak heran jika candi ini masuk dalam Destinasi Super Prioritas Kemenparekraf RI. Harga tiketnya dibanderol mulai dari Rp35.000 untuk wisatawan lokal dan Rp210.000 untuk wisatawan asing.

10. Candi Mendut

Tidak jauh dari Candi Borobudur terdapat Candi Mendut yang merupakan peninggalan agama Buddha. Candi ini sarat akan nilai sejarah dan kehidupan, terlihat dari relief pada dinding candinya. Untuk masuk ke area candi ini, kamu cukup membayar Rp10.000 per orang.

11. Candi Selogriyo

Destinasi selanjutnya adalah Candi Selogriyo. Candi ini terletak di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Windusari. Candi Selogriyo dibangun pada masa Mataram Kuno dan menjadi salah satu tempat pengembangan nilai-nilai agama Hindu, khususnya di Magelang. Untuk masuk ke Candi Selogriyo, kamu cukup membayar uang Rp5.000 saja.

12. Candi Umbul

Candi Umbul adalah situs purbakala berupa pemandian air panas sebagai tempat putri raja membersihkan diri. Candi ini terletak di Desa Kartoharjo, Grabag, Magelang. Menurut kepercayaan, air hangat di candi ini dapat membuatmu awet muda dan sembuh dari berbagai penyakit kulit. Untuk masuk ke Candi Umbul, kamu perlu membayar Rp5.000 saja.

13. Candi Pawon

Candi ini disebut juga Candi Brajanalan yang bercorak agama Buddha. Lokasi Candi Pawon tidak jauh dari Candi Mendut yaitu berada di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Kamu bisa membayar Rp10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan asing.

Itu tadi rekomendasi tempat wisata pegunungan, air terjun, dan wisata sejarah di Kabupaten Magelang. Walaupun libur Lebaran 2023, harga tiket tidak berubah. Apabila ada perubahan tidak akan terlalu tinggi dari harga aslinya. Selamat liburan!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER