Dua Supermoon Berlangsung Sepanjang Agustus 2023, Apa Bedanya dengan Purnama Biasa?

2 Agustus 2023 17:08 WIB

Narasi TV

Bulan purnama super. Sumber: BBC.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Bulan Agustus dibuka dengan fenomena pergerakan benda langit yang menghiasi malam, yaitu Bulan purnama super atau supermoon

Fenomena supermoon berlangsung dua kali selama bulan Agustus 2023, yakni pada 1 Agustus 2023 dan 30 Agustus 2023. 

1 Agustus 2023: Sturgeon Moon

Supermoon 1 Agustus atau dikenal sebagai Sturgeon Moon merupakan supermoon kedua yang terjadi di tahun 2023. 

Dilansir dari Almanac, puncak supermoon 1 Agustus dapat diamati sekitar pukul 14.32 EDT atau tanggal 2 Agustus pukul 01.32 WIB. 

Berbeda dari purnama pada umumnya, supermoon membuat Bulan tampak 8 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari biasanya. 

Hal ini terjadi karena Bulan mencapai siklus penuh atau purnama di waktu yang sama ketika  Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi. 

30 Agustus 2023: blue moon

Bulan akan mencapai siklus purnama keduanya dalam sebulan atau dikenal dengan sebutan blue moon pada tanggal 30 Agustus. 

Fenomena supermoon akan kembali berlangsung pada tanggal tersebut dan mencapai puncaknya pada pukul 21.36 EDT atau tanggal 31 Agustus pukul 08.36 WIB. 

Blue supermoon tanggal 30 Agustus akan menjadi purnama terbesar dan paling terang sepanjang tahun 2023. 

Saat itu terjadi, Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yaitu sekitar 222.043 mil atau 357.343 kilometer.

Perbedaan purnama, supermoon, dan blue moon

Purnama merupakan fase ketika posisi Bulan tepat berseberangan dengan Matahari dengan Bumi berada di antaranya. 

Bulan purnama umumnya terjadi satu kali dalam sebulan, tepatnya dalam satu kali masa orbitnya mengelilingi Bumi

Jalur orbit Bulan tidak berbentuk bulat sempurna, melainkan elips. Hal ini membuat Bulan akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi pada waktu-waktu tertentu, atau disebut perigee

Fenomena supermoon atau perigean full moon terjadi ketika Bulan mencapai fase purnama saat sedang berada di titik terdekatnya dengan Bumi. 

Posisi ini menyebabkan Bulan tampak lebih besar dan lebih terang dari purnama biasanya. 

Sementara itu, blue moon merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berlangsungnya fase purnama sebanyak dua kali dalam satu bulan, biasanya terjadi pada awal dan akhir bulan. 

Tidak semua blue moon merupakan supermoon, sehingga fenomena blue supermoon yang akan terjadi pada 30 Agustus mendatang sangat sayang untuk dilewatkan. Sebab, kemunculan dua supermoon dalam bulan yang sama baru akan terjadi kembali pada Januari 2037. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR