Hari Musik Sedunia 2023 Jatuh di Tanggal 21 Juni, Intip Sejarah dan Cara Merayakannya

21 Jun 2023 14:06 WIB

thumbnail-article

Poster peringatan Hari Musik Sedunia. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 21 Juni 2023 jatuh di hari Rabu. Pada tanggal tersebut, kita memperingati Hari Musik Sedunia atau World Music Day. Peringatan ini sebagai ajakan untuk mengenal musik yang terdiri dari irama, melodi, cara bernyanyi, dan cara memainkan alat musik.

Hari Musik Sedunia tentu berbeda dengan Hari Musik Nasional yang diperingati pada 9 Maret setiap tahunnya. Bahkan nama Hari Musik Sedunia di beberapa negara pun berbeda. Sebagai contoh adalah “Make Music Day” di Inggris, “La Fête de la Musique” di Perancis, “Festa della Musica” di Italia, dan “Święto Muzyki” di Polandia.

Sejarah Hari Musik Sedunia

Awalnya Hari Musik Sedunia ini diperingati di Perancis. Menurut Maurice Fleuret, Direktur Musik dan Tari Kementerian Kebudayaan Perancis pada Oktober 1981, musik ada di mana-mana dan konser tidak di mana-mana.

Fleuret berusaha menyatukan orang-orang di jalanan dengan musik. Hal tersebut berangkat dari sebuah riset yang menunjukkan tentang kebiasaan budaya Perancis yaitu bermain alat musik. Dari sinilah “Fête de la Musique” muncul dan pertama dirayakan pada tahun 1982.

Melalui “Fête de la Musique”, musik dapat dipromosikan melalui dua cara yaitu mendorong musisi baru dan profesional untuk tampil di jalan, serta menyelenggarakan konser musik gratis yang bisa dinikmati oleh publik dari berbagai genre musik.

Setelah Paris yang menjadi tempat peringatan Hari Musik Sedunia pertama kali, negara-negara lain yang menyusul di antaranya adalah India, Italia, Rusia, Australia, Peru, Brasil, Ekuador, Meksiko, dan masih banyak lagi.

Meskipun peringatannya sudah diselenggarakan di berbagai negara, organisasi resmi Fête de la Musique tetap menganjurkan agar perayaan tersebut gratis sehingga dapat dinikmati dan diakses semua orang.

Cara merayakan Hari Musik Sedunia

Meskipun Indonesia belum ikut memeringati Hari Musik Sedunia 2023, namun kamu tetap bisa merayakan hari tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Mempelajari instrumen atau alat musik baru.
  • Mendengarkan musik dengan genre yang belum pernah didengar sebelumnya.
  • Mengikuti konser musik yang disukai.
  • Membeli lagu atau album original.
  • Menciptakan musik buatan sendiri.
  • Mengkampanyekan Hari Musik Sedunia dengan menggunakan twibbon di media sosial.

Selamat merayakan Hari Musik Sedunia 2023!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER