3 Cara Uninstall Aplikasi Laptop atau PC yang Mudah dan Cepat

6 Januari 2023 17:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi dua orang tengah mengoperasikan laptop masing-masing. (Sumber: Freepik)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Cara uninstall aplikasi di laptop atau PC perlu kamu ketahui ketika ingin memperingan kerja sistem operasi yang terpasang di perangkatmu.

Melakukan uninstall aplikasi juga berguna untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai sehingga laptop atau PC-mu tidak terlampau banyak terpasang aplikasi.

Adapun manfaat melakukan uninstall aplikasi yang tidak terpakai lagi di laptop atau PC ialah menambah ruang penyimpanan di hard drive disk (HDD), meningkatkan kecepatan pemrosesan laptop atau PC, serta meningkatkan keamanan laptop atau PC.

Lantas bagaimana cara uninstall aplikasi di laptop atau PC? Dalam artikel ini telah dijelaskan secara terperinci, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui menu start Windows

1. Klik tombol “start”'

Pertama pengguna tinggal mengarahkan kursor di bagian ikon Windows pada sebelah kiri bawah desktop. 

Tunggu hingga muncul beberapa aplikasi yang tersedia dalam perangkat laptop atau PC, kamu juga bisa melakukan pencarian aplikasi yang hendak dihapus dengan fitur search.

2. Klik kanan dan pilih “uninstall

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengklik ikon aplikasi yang ingin di-uninstall

Klik dan tahan pada ikon aplikasi tersebut atau bisa juga klik kanan lalu pilih “uninstall”. Tunggu proses penghapusan aplikasi selesai, proses berhasil jika ikon aplikasi tersebut hilang.

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui programs and features

1. Klik kanan ikon “start Windows”

Langkah pertama adalah klik kanan pada tombol start Windows, kemudian pilih bilah “programs and features”.

2. Cari aplikasi atau program yang hendak dihapus

Cari aplikasi yang ingin di-uninstall di bagian kolom programs and features. Pilih ikon aplikasi yang ingin dihapus lalu klik “uninstall”. Tunggu proses uninstall aplikasi selesai, proses berhasil jika ikon aplikasi tersebut hilang.

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Windows settings

1. Klik menu “start

Klik tombol “start Windows” di kiri bawah desktop, kemudian pilih “settings”. Nantinya akan diarahkan ke kolom “apps & features”.

2. Klik aplikasi dan uninstall

Setelah menentukan aplikasi yang akan dihapus pada menu “apps & features”, langkah berikutnya ialah pilih ikon tersebut kemudian klik “uninstall”.

Demikian penjelasan seputar cara uninstall aplikasi di laptop atau PC yang bisa dipelajari bagi seseorang yang ingin menghapus beberapa aplikasinya yang terpasang di perangkat laptop atau PC.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR