3 Struktur Artikel yang Umum dan Penting untuk Diketahui Seorang Penulis

22 Dec 2022 21:12 WIB

thumbnail-article

Menulis artikel. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Artikel merupakan sebuah bacaan di media massa yang memiliki isu atau topik tertentu. Biasanya topik tersebut merupakan topik atau bahasan yang hangat diperbincangkan di sosial media, seperti entertainment, bisnis, hingga ramalan, dan trend.

Sayangnya meskipun artikel banyak ditemukan di media massa, namun banyak orang belum paham dengan struktur artikel yang benar dan tepat. Sehingga tak jarang ditemui banyak artikel yang memiliki struktur acak-acakan dan seakan berputar.

Oleh karena itu, memahami struktur artikel yang baik dan benar dinilai cukup penting bagi beberapa orang. Selain tidak acak-acakan, membuat suatu artikel berdasarkan struktur yang benar juga mempermudah pembaca untuk mengetahui atau mendapatkan informasi yang memang dicari.

Lantas bagaimana struktur artikel yang benar? Apa saja struktur artikel yang baik dan benar? 

 

Berikut pembahasan mengenai tiga struktur artikel yang baik dan benar, agar tulisan Anda menjadi lebih menarik dan tepat sasaran.

  • Pengenalan Isu

Layaknya sebuah peribahasa,”tak kenal maka tak sayang”, begitu pula yang terjadi pada sebuah artikel. Struktur pertama yang harus dimiliki suatu artikel adalah pengenalan isu.

Dengan mengenalkan topik yang akan dibahas, baik pembaca atau penulis memiliki arah yang jelas tentang apa yang akan dibahas, isu apa yang akan dibicarakan, hingga apa saja isi dari artikel yang sedang dibaca.

  • Argumentasi

Struktur argumentasi, dapat dikatakan sebagai struktur yang paling penting dalam suatu artikel. Hal tersebut karena argumentasi berisi opini, data, teori, hingga fakta yang berkaitan dengan isu atau topik yang dibahas. Maka tak heran bila bagian argumentasi menjadi bagian yang dianggap paling penting dalam suatu artikel.

  • Penegasan atau pernyataan ulang 

Setelah dijelaskan secara detail atau rinci, sebuah artikel yang baik akan memiliki bagian penegasan ulang yang berfungsi untuk menegaskan atau menekankan kembali tentang topik yang dibahas. 

Bagian yang satu ini dapat disertai dengan solusi, saran, hingga harapan berkaitan dengan isu yang telah dibahas pada struktur sebelumnya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai struktur artikel yang baik dan benar. Meskipun tidak menampik setiap artikel memiliki struktur yang berbeda, namun secara garis besar, pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan ulang adalah struktur mendasar suatu artikel yang benar.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER