4 Motivasi Kerja yang Membantumu Jadi Produktif dan Menginspirasi

25 Dec 2022 11:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pekerja di sebuah perusahaan. Sumber: Freepik

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Motivasi menjadi elemen penting yang mampu menggerakkan seseorang untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan adanya motivasi membuat seseorang akan tetap terpacu semangatnya meski berada dalam situasi sulit dan tidak menyenangkan.

Lantas, bagaimana motivasi mampu memengaruhi karier seseorang? Setidaknya terdapat 2 tipe motivasi kerja yang biasa terjadi dalam diri seseorang, berikut 2 tipe motivasi yang dimaksud:

  •         Tipe Motivasi Kerja Berdasarkan faktor intrinsik

Motivasi intrinsik (internal) merupakan motivasi yang mana perilaku seseorang dalam melakukan atau mencapai target demi dirinya sendiri. Keinginan semacam ini biasanya didorong dengan adanya perasaan akan pencapaian, kepuasan, tekanan, tenggat waktu, dan lain-lain.

Bagi seseorang yang memiliki motivasi intrinsik biasanya mampu menghasilkan kualitas kerja yang tinggi, penyelesaian tugas tepat waktu, memenuhi tantangan, dan mendapatkan kesempurnaan dalam tugas.

  •         Tipe motivasi kerja berdasarkan faktor ekstrinsik

Pada umumnya motivasi ekstrinsik (eksternal) mengacu ke jenis motivasi yang mampu mendorong seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dengan iming-iming memperoleh hadiah seperti bonus gaji, pengakuan, nilai, dan ketenaran. Jenis motivasi ini biasanya muncul dari luar individu.

Adapun salah satu contoh dari sebuah motivasi ekstrinsik adalah pada saat seorang developer memilih untuk tetap mengerjakan pekerjaan rutin meski bukan passion yang ia miliki dengan dalih agar mendapatkan uang.

Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk memperoleh motivasi kerja dalam diri yang mungkin bisa seseorang terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

 

  1.       Bersyukur dan berpikir positif

Bersyukur dan tetap berpikiran positif mampu mendorong seseorang tetap menjaga motivasi mereka di tengah rutinitas yang monoton dan membosankan. Berpikir positif bisa membuat seseorang memiliki energi baik yang mampu memotivasi mereka untuk tetap produktif dalam dunia kerja.

  1.       Berikan penghargaan untuk dirimu

Memberikan penghargaan untuk diri sendiri itu perlu, karena hal ini sangat penting untuk menjaga semangat kerja dalam diri seseorang. Selain itu juga bisa melakukan kegiatan sesuai dengan hobi. Karena hal ini bagian dari cara seseorang memberikan hadiah untuk dirinya.

  1.       Bentuk suasana kerja yang nyaman

Menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan mampu meningkatkan motivasi kerja seseorang. Karena hal ini nantinya akan mendatangkan energi positif dalam diri seseorang dan terus memicu semangat mereka untuk mencapai target dari pekerjaan yang sedang dilakukan.

  1.       Buat rencana dan strategi karier

Membuat rencana dan strategi karier mampu mendorong seseorang untuk terus termotivasi dalam menggapai apa yang telah mereka targetkan. Karena melalui rencana dan strategi pekerjaan, seseorang akan lebih terukur dan memiliki tingkat efisiensi waktu yang tinggi.

Demikian penjelasan terkait motivasi kerja yang mampu mendorong seseorang tetap produktif meski berada di tengah situasi yang sulit.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER