5 Daftar Franchise Makanan Terlaris

16 Jan 2023 14:01 WIB

thumbnail-article

Kebab Turki BabaRafi, salah satu brand waralaba makanan yang cukup populer. Sumber: babarafi.com.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Semakin hari semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis, mulai dari pakaian, makanan hingga jasa. Namun tak jarang juga dari mereka masih bingung untuk memulai bisnis apa. Saat ini sudah tersedia banyak usaha waralaba atau franchise yang tengah digandrungi masyarakat sebagai pilihan bisnis. Sebelum memulainya, tentu kamu harus tahu franchise makanan terlaris saat ini.

Memiliki franchise makanan merupakan langkah strategi dalam dunia usaha. Selain karena bisnis makanan semakin menjanjikan, kini juga banyak franchise yang memiliki nama besar, sehingga pengusaha tidak perlu melakukan promosi besar-besaran. Berikut adalah franchise makanan terlaris 2023.

1. Kebab Baba Rafi

Franchise makanan pertama yang bisa kamu pilih ada Kebab Baba Rafi. Waralaba yang telah hadir sejak tahun 2007 ini menerapkan prinsip syariah dalam mengelolanya.

Dengan ketentuan pembagian 60% milik mitra dan 40% diserahkan kepada Baba Rafi. Mereka juga menerapkan aturan bagi mitra yang ingin bergabung tidak dikenakan biaya royalti, hanya cukup mempersiapkan modal sekitar Rp75-300 juta.

Kebab Baba Rafi sudah banyak membuka cabangnya dan tentunya masyarakat sudah familiar dengan kuliner asal timur tengah ini.

2. Rocket Chicken

Rocket Chicken menjadi pilihan kedua untuk franchise kuliner terlaris 2022. Bisnis makanan cepat saji ayam goreng tepung ini  sudah berdiri sejak tahun 2010. Namanya sekarang sudah cukup familiar dan tidak kalah dengan CFC, KFC, maupun McDonald. Rocket Chicken sudah memiliki lebih dari 700 cabang seluruh Indonesia.

Bagi kamu yang berminat cukup membeli paket waralabanya dengan kisaran harga Rp300-400 juta. Modal tersebut meliputi meja dan kursi, alat masak, serta material lainnya.

3. Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken menjadi salah satu brand ayam krispi terlaris di Indonesia. Lokasinya biasanya tidak jauh dari kampus, sekolah, sehingga tidak heran Sabana Fried Chicken dianggap comfort food karena disukai segala usia.

Harganya yang murah dan rasanya yang enak menjadi poin utama kesuksesannya. Untuk menjadi mitra waralaba Sabana Fried Chicken masih terjangkau dengan modal relatif rendah, yakni mulai dari Rp17 jutaan saja. Harga tersebut sudah termasuk pendampingan dari pihak manajemen selama tiga bulan pertama.

4. Gildak

Franchise satu ini mengusung konsep korean street food. Gildak sendiri merupakan kolaborasi dari Nikmat Group bersama dengan Jovi Adhiguna.

Gildak juga bisa menjadi pilihan untuk jajanan kekinian dengan produk favoritnya adalah Itaewon Crispy Chicken. Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dalam bisnisnya maka harus membayar paket waralaba sebesar Rp200 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk mesin kasir, sewa dan konstruksi desain interior, perlengkapan equipment, media promosi dalam bentuk file (menu, banner, flyer), serta sistem SOP (standard operational procedure) kasir selama 1 tahun dan training.

5. Subway

Di urutan kelima untuk franchise makanan terlaris ada Subway. Makanan cepat saji sandwich asal Amerika Serikat ini tengah naik daun mengingat sering muncul dan dijadikan lokasi syuting drama Korea.

Tahun 2021 Subway kembali hadir di Indonesia. Sebelumnya mereka pernah pernah hadir di Indonesia pada tahun 1990-an, namun tutup pada awal 2000-an.

Bagi kamu yang berminat untuk menjadi mitranya, modal yang harus disiapkan sekitar Rp1,3-3 miliar harga tersebut sudah termasuk properti, peralatan, perlengkapan, asuransi, biaya pelatihan termasuk perjalanan & penginapan, iklan untuk pembukaan, dan lain-lainnya.

Jadi, apa kamu sudah siap berbisnis makanan dari pilihan franchise-franchise ini? Pilihlah sesuai kemampuanmu ya. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER