5 Malam Mustajab Doa: dari Jumat sampai Nisfu Sya'ban

20 Maret 2024 20:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi berdoa pada malam-malam mustajab. (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Setiap malam adalah malam keberkahan, namun dalam Islam terdapat lima malam mustajab doa. Pada waktu-waktu tersebut dipercaya doa akan diijabah Allah Swt.

Imam Muhammad bin Idris As-Syafi'i dalam kitabnya Al-Umm menjelaskan, terdapat lima malam yang semua doa diijabah oleh Allah Swt.

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya: “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jumat, malam Hari Raya Iduladha, malam Hari Raya Idulfitri, malam pertama bulan Rajab dan malam Nisfu Sya’ban.”

Lima malam mustajab untuk berdoa

Pada lima malam berikut ini, doa memiliki peluang lebih untuk diijabah oleh Allah Swt. dibandingkan malam-malam lainnya.

1. Malam Jumat

Imam Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyebut malam Jumat sebagai hari raya kaum mukmin. Pernyataan ini selaras dengan hadits riwayat Imam Thabrani:

Diriwayatkan dari Anas ra., dia berkata, "Pada hari Jumat, Malaikat Jibril membawa Rasulullah saw. untuk memperlihatkan di telapak tangannya, yang seperti cermin putih dan di tengahnya ada seperti bintik hitam. Beliau [Rasulullah] saw. bertanya, 'Apa ini, wahai Jibril?'”

“Jibril menjawab, 'Ini hari Jumat. Tuhanmu memperlihatkannya kepadamu agar menjadi hari raya bagimu dan bagi kaum setelahmu. Bagi kalian terdapat kebaikan padanya.” 

“Kamulah yang pertama, sementara kaum Yahudi dan Nasrani setelahmu. Di dalamnya terdapat waktu yang jika seseorang berdoa kepada Tuhannya dengan kebaikan yang menjadi bagiannya pasti Dia memberikannya. Atau berlindung dari keburukan, pasti Dia menghindarkannya dari yang lebih besar darinya. Kami (para malaikat) menyebutnya di akhirat dengan hari tambahan (bonus).'"

Sama halnya seperti hari Jumat, malam Jumat juga memiliki posisi yang istimewa. Dengan demikian, kita bisa memperbanyak ibadah malam Jumat, termasuk dengan berdoa dan berzikir.

2. Malam Hari Raya Iduladha

Malam Hari Raya Iduladha merupakan satu dari lima malam yang sangat istimewa. Pada malam ini disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah.

Imam Ibnu Majah dalam Kitab Sunan Ibnu Majah meriwayatkan, dari sahabat Abu Umamah bahwa Nabi saw. bersabda, 

“Orang yang menghidupkan malam dua hari raya, yaitu Iduladha dan Idulfitri, maka hatinya akan terus hidup ketika hati manusia mulai mati dan tak berfungsi.”

3. Malam Hari Raya Idulfitri

Malam Idulfitri adalah malam yang istimewa dan waktu mustajab untuk bermunajat kepada Allah Swt.

Dasar penjelasan mengenai malam Idulfitri ini sama dengan hadis Rasulullah saw. tentang keutamaan malam Iduladha.

4. Malam pertama bulan Rajab

Bagi umat muslim, bulan Rajab merupakan salah satu momen penuh keistimewaan.

Oleh karenanya, berbagai amalan mustajab dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan ini. 

Bulan Rajab menjadi satu dari empat bulan mulia dalam Islam selain Muharam, Zulhijah, dan Zulkaidah.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR