5 Negara-negara Bebas Visa Untuk Paspor Asal Indonesia

8 Feb 2023 15:02 WIB

thumbnail-article

Paspor Indonesia. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Siapapun yang gemar bepergian, tentunya liburan ke luar negeri adalah sebuah impian. Namun, untuk berkunjung ke negara lain membutuhkan visa. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang tidak mudah dan kadang agak ribet untuk dilakukan.

Namun, sejumlah negara membebaskan visa untuk pelancong dengan paspor Indonesia. Dengan demikian, turis asal Indonesia tak perlu menunjukkan visanya ketika sedang berkunjung atau sekadar liburan.

Berikut ini adalah negara bebas visa untuk para pemegang paspor asal Indonesia.

Hong Kong

Negara yang dekat dengan nusantara ini dikabarkan bebas visa untuk paspor Indonesia. Negara maju di Asia ini membuat aturan bahwa bebas visa berlaku selama 30 hari sejak kedatangan para pelancong berpaspor Indonesia.

Hong Kong dikunjungi orang asing untuk berbagai jenis tujuan seperti bisnis dan liburan. Sekarang tidak perlu dikhawatirkan tentang pengurusan visa karena negara ini sudah membebaskan visa untuk paspor Indonesia.

Thailand

Negeri Gajah Putih ini kerap dikunjungi pendatang dari Indonesia. Ini karena Thailand menjadi pilihan wisata luar negeri tanpa repot menunjukkan visa, serta biayanya terjangkau.

Thailand menawarkan banyaknya tempat wisata yang tak bisa dilewatkan. Jangan khawatir, harga tiket pesawat dan hotel di negara ini juga relatif murah dan aman untuk kantong pelajar. Selain itu, turis asal Indonesia bisa memanfaatkan bebas visa yang diberikan selama 30 hari.

Singapura

Negara terdekat dengan Indonesia ini ternyata memberlakukan bebas visa juga bagi pemegang paspor Indonesia. Pengunjung bisa bebas berkunjung dalam kurun waktu maksimal 30 hari. Seperti negara-negara di atas.

Singapura menjadi salah satu pusat bisnis dan wisata yang menarik. Selain itu, Singapura sudah menjadi pusat belanja barang unik, mulai dari harga termurah sampai termahal dari berbagai merek.

Malaysia

Negara lain di Asia Tenggara yang bebas visa untuk paspor Indonesia adalah Malaysia. Negara jiran ini memberikan  waktu bebas visa selama 1 bulan penuh.

Banyak tempat wisata menarik yang ada di Malaysia seperti bangunan terkenal menara Petronas dan Legoland.

Turki

Mulai akhir 2021, Turki memberlakukan aturan bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia. Negara yang berada di lintas Asia dan Eropa ini begitu kaya akan wisata alam dan kebudayaannya.

Jika berlibur ke negara ini, Anda akan dengan mudah menemukan tempat wisata menarik dan ikonik. Seperti Cappadocia, Blue Mosque, Ephesus, Silk Market, dan masih banyak lagi.

Demikian informasi seputar beberapa negara bebas visa untuk paspor asal Indonesia. Bagi kalian yang suka traveling, bisa jadi negara-negara bebas visa di atas menjadi bahan pertimbangan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER