5 Negara Terkaya di Dunia Versi IMF

22 Januari 2023 11:01 WIB

Narasi TV

Pemandangan Danau Longrin, Swiss. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

International Monetary Fund, baru-baru ini telah mengumumkan daftar negara terkaya di dunia melalui situs resminya. Menurut data yang diperoleh oleh International Monetary Fund, Luksemburg berhasil menempati posisi pertama sebagai negara terkaya di dunia, yang diikuti oleh Irlandia pada posisi kedua, dan Swiss pada posisi ketiga.

Masih dilansir dari International Monetary Fund, sebagian besar negara yang berhasil masuk dalam daftar negara terkaya, memiliki sumber penghasilan yang berasal dari sumber daya alam, dan bisnis berupa ekspor barang.

Berikut 5 negara yang masuk dalam top 5 negara terkaya di dunia menurut  International Monetary Fund

  •  Luksemburg

Negara  yang berhasil menempati  posisi pertama  adalah Luksemburg. Negara yang terletak  di wilayah Eropa Barat tersebut memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita sebesar 128,82 (2022) yang setara dengan 1,7 miliar. Pendapatan tersebut berasal dari kegiatan ekspor berbagai produk.

  • Irlandia

Negara kedua yang menempati posisi otp 5 negara terkaya di dunia adalah Irlandia. Menurut data yang ada, Irlandia berhasil memiliki PDB per  kapita sebesar  107.00 (20220) USD yang setara dengan 1,2M. Jumlah PDB per kapita tersebut, diperoleh Irlandia dari kegiatan pariwisata hingga pertanian.

  • Swiss

Swiss memang dikenal sebagai negara yang bahagia  dan juga sehat,  namun hebatnya lagi Swiss juga dikenal sebagai negara yang kaya. Hal tersebut dibuktikan dengan berhasilnya Swiss untuk masuk dalam daftar negara terkaya di dunia dengan posisi ketiga.

Menurut data yang ada dalam  International Monetary Fund, Swiss berhasil mendapatkan PDB per kapita sebesar 94,83 USD (2022), pendapatan tersebut berhasil diraih oleh Swiss karena kegiatan ekspor, dan mata uang yang stabil.

  • Qatar

Menjadi negara dalam perhelatan Piala Dunia 2023, tentu membuat nama Qatar terasa segar di ingatan banyak orang. Negara yang satu ini berhasil menempati posisi keempat sebagai negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita sebesar 89,42 USD (2022) yang setara dengan 753 juta.

Pendapatan yang besar tersebut, didapatkan oleh Qatar dari hasil kegiatan ekspor minyak. Saking besarnya minyak yang diekspor oleh Qatar, negara yang satu ini acap disebut sebagai negara pengekspor minyak terbesar di dunia.

  • Norwegia

Negara kelima yang berhasil menempati posisi kelima adalah Norwegia. Negara yang berada di daerah Semenanjung Skandinavia tersebut memiliki PDB per kapita sebesar 88,75 USD (2022) Pendapatan Norwegia yang cukup besar tersebut, berasal dari kegiatan ekspor minyak dan gas. 

Itulah informasi mengenai top 5 negara terkaya di dunia. Sebagian besar negara yang masuk dalam urutan satu hingga lima, mengandalkan sumber daya alam sebagai sumber pendapatan terbesarnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR