5 Situs Tes Kecepatan Internet untuk Melihat Seberapa Kencang Proses Download

31 Desember 2022 06:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi situs cek kecepatan internet. (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Rizal Amril

Bagi kamu yang sedang berselancar di dunia maya dan tiba-tiba internet kamu menjadi lemot, kamu pasti akan jengkel.

Kecepatan internet akan sangat mempengaruhi kecepatan dari koneksi yang kamu sedang pakai. Untuk mengecek seberapa kencang kecepatan koneksimu, kamu bisa menggunakan situs-situs berikut ini.

Penggunaan aplikasi ini bisa memberikan informasi waktu nyata (real-time) tentang seberapa cepat koneksi internet atau WiFi kamu dalam mentransfer data. 

Semakin tinggi rate-nya, maka akan semakin baik dan mendukung aktivitas online kamu.

Cara kerja tes kecepatan internet

Saat kamu melakukan tes kecepatan internet, perangkat yang kamu pakai akan mengirim sinyal atau ping ke server terdekat untuk memulai tes.

Kemudian server akan mengirimkan data ke perangkat kamu dan aplikasi mengukur seberapa banyak informasi yang diunduh dalam jangka waktu tertentu. Untuk menentukan kecepatan unggah, aplikasi akan mengirimkan informasi ke server.

Nah, berikut ini adalah 5 situs untuk kamu melakukan tes kecepatan internet.

1. Ookla SpeedTest

Situs yang pertama ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai kecepatan unggah, kecepatan unduh, latensi, dan jitter

Aplikasi ini bisa melakukan tes pemutaran video untuk mengukur resolusi, waktu buka, dan buffering.

Kamu juga bisa meninjau riwayat pengujian, melihat grafik untuk melihat seberapa stabil koneksi kamu.

2. SpeedTest Master

Situs ini menawarkan tes kecepatan standar dan fitur tambahan lainnya. Kamu bisa melakukan tes kecepatan lanjutan untuk memeriksa kestabilan koneksi jaringan kamu dan mendeteksi perangkat yang menggunakan WiFi kamu tanpa izin.

Kamu juga bisa memeriksa kekuatan sinyal untuk menemukan titik terkuat dan menemukan saluran yang tidak terlalu ramai untuk router WiFi kamu.

3. Meteor

Tes kecepatan dari situs ini bisa menilai koneksi internet kamu melalui WiFi, 3G, 4G, dan 5G. Meteor memungkinkan kamu bisa menguji koneksi kamu di berbagai aplikasi, seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan lainnya. 

Kamu bisa meninjau statistik terperinci dan mengurutkan pengujian sebelumnya berdasarkan kinerja.

4. V-Speed

Hanya tersedia sebagai aplikasi seluler, V-SPEED memiliki tampang yang modern dan banyak sekali opsi konfigurasi bagi kamu yang tertarik dengan pengaturan lanjutan. 

Situs ini memiliki fitur WiFi dan alat pencari sinyal seluler, peta jangkauan jaringan seluler, opsi untuk memfilter, dan mengurutkan hasil sebelumnya. 

Selain itu ada juga kemampuan untuk memilih server pengujian default.

5. Cloudflare SpeedTest

Pada situs ini menyediakan grafik yang rinci untuk kecepatan unggah, latensi, dan jitter. Aplikasi yang satu ini bisa melakukan berbagai pengujian, termasuk unggahan dan unduhan dari 100kb hingga 100 MB.

Demikian adalah informasi mengenai situs tes kecepatan internet yang bisa kamu gunakan untuk mengukur seberapa kencang koneksi internetmu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR