5 Tips Membangun Self Confidence untuk Memudahkan Kamu Mencapai Tujuan Hidup

10 Juni 2024 13:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi laki-laki dan perempuan yang sedang bercermin dan mendapatkan kepercayaan dirinya. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Self confidence atau kepercayaan diri menjadi hal yang penting dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, kepercayaan diri menjadi faktor penentu seseorang untuk berkembang. Membangun self confidence memang tidak mudah. Apalagi jika kita masih belum bisa menerima diri sendiri atau self acceptance.

Definisi self confidence adalah keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki. Seseorang yang memiliki self confidence akan melakukan sesuatu dengan baik karena ia yakin akan potensinya.

Ciri-ciri self confidence

Ciri-ciri seseorang yang memiliki self confidence menurut Lauster adalah sebagai berikut:

  1. Percaya pada kemampuan sendiri
  2. Mandiri dalam mengambil keputusan
  3. Tidak mementingkan diri sendiri atau egois
  4. Bersikap toleransi
  5. Ambisius untuk meraih keinginannya
  6. Optimis
  7. Berani dan yakin dengan pendapat sendiri
  8. Bersikap positif pada diri sendiri
  9. Mampu beradaptasi di berbagai situasi dan kondisi
  10. Bersikap tenang saat mengerjakan sesuatu

Cara membangun self confidence

Self confidence bukan sesuatu yang datang dengan sendirinya. Perlu waktu dan niat untuk membangun sikap ini. Berikut beberapa cara membangun self confidence:

  • Mengenal diri sendiri

Sebelum membangun self confidence, kamu harus mengenal terlebih dulu siapa dirimu. Kamu harus mengetahui, mengakui, dan menerima keterbatasan dirimu. Dengan demikian, kamu punya pilihan: mengubah kekurangan tersebut atau memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

  • Bayangkan keberhasilan

Tidak ada salahnya dengan berimajinasi. Apalagi jika imajinasi itu menggambarkan tentang bagaimana kamu mencapai sesuatu yang diinginkan. Kamu akan merasa termotivasi untuk mendapatkan keberhasilan tersebut. Sikap seperti ini secara tidak langsung akan meningkatkan self confidence.

  • Memperbaiki penampilan

Self confidence juga dapat dibangun dengan memperbaiki penampilan. Kamu bisa memulai dengan sikap berdiri dan duduk. Usahakan untuk membentuk postur yang tegak dan tidak menunduk karena akan menimbulkan kesan tidak percaya diri. Kamu juga bisa menggunakan pakaian yang nyaman dan rapi dengan tetap menyesuaikan situasi dan kondisi.

  • Berpikir positif

Self confidence lebih mengutamakan potensi daripada keterbatasan. Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Kamu juga tidak perlu mengambil hati ucapan-ucapan negatif yang mengganggu langkahmu mencapai tujuan.

  • Ramah dan murah senyum kepada orang lain

Dengan menyapa orang-orang di sekitar dengan senyuman, maka kamu dapat menularkan kebahagiaan kepada orang lain. Kamu juga bisa membangun kepercayaan diri lewat berinteraksi dengan orang-orang di lingkunganmu.

Membangun self confidence memudahkanmu untuk mendapatkan segala sesuatu, terutama meraih mimpimu. So, bangun self confidence kamu mulai dari sekarang ya!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR