Mengenal ISTP dan Profesi yang Sesuai Kepribadiannya

3 Jan 2023 23:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kepribadian ISTP. Sumber: indeed.com.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih.

Pernah mendengar istilah ISTP (introverted, sensing, thinking, perceiving)? Ia adalah salah satu dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI yang berhasil dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers lewat tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), salah satu ujian untuk mengukur sudut pandang psikologis seseorang dalam melihat dunia dan mengambil keputusan.

Untuk lebih jauh mengenal istilah ISTP, simak ulasan lengkapnya berikut ini: 

Pengertian ISTP

ISTP atau Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving merupakan kepribadian yang dikenal sebagai “si Mekanik” atau “si Pengrajin” karena ia memiliki kemampuan memecahkan masalah yang sangat baik. 

Dalam hal pekerjaan, seseorang dengan kepribadian ISTP sangat berorientasi terhadap hasil daripada proses. Jadi tidak heran ketika terjadi masalah, mereka selalu ingin mengatasi permasalahan secepat mungkin. 

Sementara dalam mengambil keputusan, mereka mengedepankan penilaian objektif daripada subjektif. 

Mengutip laman Personality Club, terdapat beberapa tokoh atau figur dunia yang merupakan seorang ISTP seperti Daniel Craig, Bruce Lee, Scarlett Johansson, dan Tom Cruise. Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga merupakan seorang ISTP.

Karakteristik umum kepribadian ISTP

  • Memiliki rasa keingintahuan yang cukup tinggi
  • Bersikap logis terhadap masalah apapun
  • Pemecah masalah dengan baik, meski terkadang terlihat tertutup
  • Memiliki sikap objektif sehingga dapat menilai sesuai dengan cara terbuka dan jujur
  • Mereka cenderung punya rasa ingin tahu yang tinggi dan suka belajar
  • Suka mempelajari sesuatu dengan cara terlibat langsung ke dalam permasalahan yang ada
  • Mudah beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi di dalam hidupnya
  • Menyukai hal dan pengalaman baru
  • Terlihat cuek dan tetap tenang menghadapi masalah

Kelebihan dan kekurangan ISTP

Sama halnya dengan kepribadian lainnya, ISTP juga memiliki kelebihan dan kekurangan, seseorang dengan kepribadian ISTP adalah seseorang yang kreatif dan menyukai hal baru. Mereka pada dasarnya adalah seseorang yang logis namun selalu mau belajar dari pengalaman.

Seorang ISTP juga cukup berbakat dalam mengerjakan banyak hal dan memiliki sifat optimis yang tinggi. Namun, di balik kelebihan mereka ada kekurangannya. Terkadang seseorang dengan kepribadian ISTP memiliki komitmen yang kurang kuat dalam berbagai hal baik itu pekerjaan maupun asmara.

Mereka juga mudah bosan dan susah peka terhadap sekitar, cenderung keras kepala dan memiliki sikap penjelajah sehingga kurang suka dengan komitmen.

Profesi yang cocok untuk seorang ISTP

Seorang ISTP biasanya paling suka bekerja di lingkungan yang fleksibel, individualis, tidak banyak aturan, berikut adalah pekerjaan yang cocok bagi seorang ISTP.

Fotografer

Profesi ini cocok bagi seorang ISTP karena pasalnya membutuhkan technical skill, kreativitas dan keterampilan untuk menghasilkan visual yang dapat menceritakan sebuah peristiwa.

Civil engineer

Menjadi seorang insinyur teknik sipil akan menghabiskan banyak waktu di lapangan untuk menyelesaikan proyek-proyek konstruksi, hal ini cocok mengingat seorang ISTP menyukai sesuatu yang praktikal.

Property manager

Pekerjaan ini menuntut seseorang untuk dapat memecahkan masalah, tentu pekerjaan ini sesuai dengan kepribadian ISTP yang menyukai tantangan dengan keputusan-keputusan yang mereka ambil.

Sementara itu, melansir laman Truity, untuk bidang sosial seorang ISTP cocok berkarir sebagai ekonom, manajer keuangan, analis anggaran, perencana keuangan. Mereka juga digadang-gadang cocok sebagai agen rahasia, kriminolog, tentara, hingga polisi. Untuk bidang sains, seorang ISTP cocok untuk berkarir menjadi arsitek, analis software, ahli biologi, ahli geologi, dan insinyur. 

Demikian penjelasan tentang ISTP. Jika kamu tergolong kepribadian tersebut, pekerjaan apa yang dirasa paling cocok dengan dirimu?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER