5 Tradisi Imlek di Indonesia, Unik dan Mengasyikan

17 Jan 2023 19:01 WIB

thumbnail-article

Salah satu poster ucapan Hari Raya Imlek 2023, didominasi warna merah dan emas. Sumber: Pinterest.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Hari Raya Imlek memang tinggal menghitung hari lagi. Berbagai hal tentu sudah disiapkan, mulai dari hidangan, pakaian, hingga tradisi yang akan dilakukan. Di Indonesia sendiri berbagai tradisi memang dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang identik dengan warna merah dan emas tersebut.

Berikut 5 tradisi Imlek yang umum untuk dilakukan di Indonesia, yang tentunya unik dan seru.

  • Berbagi Angpao

Angpao adalah sebutan untuk amplop yang identik dengan warna merah. Dalam kebudayaan  masyarakat Tionghoa dan Asia, angpao tersebut nantinya akan diisi sejumlah uang sebagai hadiah untuk sanak saudara. 

Uniknya seseorang yang belum menikah atau belum memiliki pasangan, dilarang untuk  memberikan angpao kepada sanak saudaranya. Hal tersebut karena masyarakat Tionghoa percaya, bila seseorang yang lajang dan memberikan angpao maka akan kesulitan untuk menemukan jodoh.

  • Pertunjukan Barongsai 

Imlek memang identik dengan pertunjukan barongsai. Barongsai sejatinya adalah sebuah pertunjukkan yang menggunakan sarung dan properti tambahan menyerupai singa. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa tujuan dari pertunjukkan barongsai untuk mengusir roh jahat. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, pertunjukan barongsai dipakai untuk memeriahkan acara dan membawa suasana ceria.

Sementara  itu, pertunjukan barongsai memilih hewan singa sebagai simbolnya karena singa dipercaya sebagai simbol dari kekuatan, kebijaksanaan, dan keunggulan. 

  • Mengenakan pakaian berwarna merah-emas

Selain identik dengan barongsai, Imlek juga identik dengan warna merah-emas. Warna tersebut dapat diaplikasi ke dalam berbagai jenis, seperti pakaian, bungkus makanan, angpau, hingga pernak pernik rumah.

Masyarakat Tionghoa percaya merah memiliki arti pembawa keberuntungan, kebahagiaan, dan kelimpahan. Sementara itu, warna emas memiliki arti keagungan atau kemasyhuran. Oleh karena itu, pada Hari Raya Imlek banyak masyarakat Tionghoa yang mengenakan pakaian dengan warna merah-emas. 

  • Menyantap hidangan khas Imlek

Imlek akan terasa kurang apabila tidak disambut dengan berbagai hidangan yang siap disantap. Selain berkumpul, pada umumnya masyarakat Tionghoa juga akan menyantap hidangan khas Imlek, seperti dumpling, kue keranjang, hingga mie. 

  • Membaca ramalan shio

Tradisi unik lainnya adalah membaca ramalan shio. Perlu  diketahui shio adalah dua belas hewan yang mewakili tahun, bulan, dan jam tertentu dalam astrologi Tionghoa. Dengan membaca ramalan shio, maka seseorang mengetahui atau dapat memprediksi sesuatu berdasarkan hewan yang mewakilinya. Pada tahun 2023, dipercaya shio kelinci menjadi shio yang paling beruntung. 

Itulah 5 tradisi Imlek di Indonesia yang unik dan mengasyikkan. Tradisi tersebut seakan sudah menjadi ciri khas atau kewajiban yang membuat perayaan Imlek semakin berkesan dan ramai.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER